Cara Mudah Membuat Ranking di Excel

Bagi anda para guru pasti setiap akhir semester selalu membuat laporan hasil belajar/rapor, untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran selama 6 bulan.

Salah satu hal yang ada dalam rapor adalah peringkat siswa. Di mana nanti peserta didik yang memperoleh nilai tertinggi akan mendapatkan peringkat 1 dan seterusnya.

Cara Mudah Membuat Ranking di Excel


Mengetahui ranking siswa yang jumlahnya banyak dengan cara manual seperti memakai kalkulator tentu sangat melelahkan. Maka dari itu saya menganjurkan anda untuk memakaia microsoft excel saja.

Lantas bagaimana cara membuat ranking di Excel?

Tenang saja, saya akan membagikan tutorialnya kepada anda semua dari awal hingga akhir. Sehingga bagi yang awam belajar excel dipastikan juga bisa mempraktekkannya.

Mencari ranking di excel mempunyai banyak kelebihan, di antaranya ialah mudah dilakukan. Selain itu juga menghemat waktu, tenaga maupun pikiran kita.

Baca juga:
Bayangkan saja apabila ada 50 siswa dengan total 15 mata pelajaran, tentu pasti akan sangat lelah jika kita harus menghitungnya satu per satu.

Cara Mudah Menentukan Ranking Kelas di Microsoft Excel


Pada Aplikasi Microsoft Excel untuk mencari peringkat harus menggunakan fungsi RANK. Fitur ini sudah ada di semua versi excel.

Adapun sintaks Rank Excel adalah sebagai berikut: “RANK(Angka;Referensi;[order])”
  • Angka : Nilai angka yang hendak dicari peringkatnya
  • Referensi : Kumpulan nilai angka yang bisa berupa array, sebagai acuan membuat peringkat
  • [Order] : Bisa menggunakan angka 0 atau 1 berfungsi untuk acuan pengurutan daftar nilai (referensi) guna menentukan peringkat. Jika 0 maka daftar nilai seolah-olah menurun. Apabila diisi 1 maka nilai akan diurutkan naik.
Saya telah menyiapkan data seperti gambar di atas, jadi nanti silahkan anda sesuaikan dengan data masing-masing. Paling yang berbeda hanya posisi datanya saja.

Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Pertama : Buat data nilai siswa, pada contoh ini saya membuat 3 nilai mapel. Karena ada 3 maka kita harus mencari jumlah keseluruhan nilai tersebut. Namun jika nilainya 1 maka tidak perlu mencari jumlah
  2. Kedua : Untuk mencari jumlah caranya masukkan rumus “=SUM(D5:F5) kemudian Enter. Maka akan muncul hasilnya pada kolom G
  3. Ketiga : Cari peringkat berdasarkan jumlah nilai pada kolom G. Rumusnya “=RANK(G5;$G$5:$G$14;0) kemudian enter. Setelah hasilnya muncul, tarik ke bawah agar semua hasilnya keluar
Selesai, sangat cepat sekali kan? Silahkan praktikkan sendiri ya. Agar lebih mudah silahkan simak video tutorialnya pada link yang ada di bawah ini:



Demikianlah informasi mengenai Cara Mudah Membuat Ranking di Excel yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Ranking di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel