Cara Login Aplikasi PDUN Kemenag yang Benar

Para Operator Madrasah semuanya, saat ini ada aplikasi baru khusus untuk pendataan Calon Peserta Ujian Nasional (Capesun). Namanya adala Aplikasi PDUN.

Sebenarnya aplikasi ini tidak bisa dikatakan baru juga, lantaran sekolah yang berada di bawah naungan dari Kemdikbud mulai dari SD – SMA sederajat telah menggunakannya lama.

Cara Login PDUN Kemenag yang Benar
Login PDUN
Khusus untuk jenjang madrasah memang aplikasi PDUN baru dikenalkan pada tahun pelajaran 2019/2020, maka tadi saya mengatakan “Aplikasi Baru”.

Seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas, itu ialah tampilan login aplikasi PDUN. Di situ ada kolom Usename, Password dan Notifikasi.

Adapun isi dari notifikasi tersebut adalah sebagai berikut:

Sekolah Kita
Cek Profil Sekolah dan Saran Masukan dari masyarakat melalui laman http://sekolah.data.kemdikbud.go.id
 
Informasi Verifikasi dan Validasi Peserta Didik
Untuk mengantisipasi kebutuhan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), pastikan setiap Peserta Didik memiliki NISN, yang dilakukan oleh setiap operator sekolah (layanan mandiri) melalui laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Alamat Website PDUN

Aplikasi ini dibuat berbasis website, sehingga pengguna harus memasukkan URL khusus agar bisa mengaksesnya. Adapun alamatnya adalah sebagai berikut:

http://pdun.data.kemdikbud.go.id/

Lantas apa Username dan Password PDUN?

Untuk Username dan Password sama dengan yang digunakan aplikasi Verval PD Kemenag. Maka bagi anda yang belum mempunyai akunnya segera saja mendaftar.

Kalau anda masih bingung caranya silahkan baca artikel berikut ini “Cara Mendaftar Akun Verval PD Kemenag”.

Cara Login Aplikasi PDUN

Berikut adalah langkah-langkah login aplikasi PDUN:
  • Pertama : Pastika PC anda terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Buka Web Browser anda, saya sarankan menggunakan Google Chrome saja agar lebih lancar
  • Kedua : Masukkan alamat aplikasi PDUN berikut http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ maka akan muncul laman login. Masukkan Username dan Password anda masing-masing. Kemudian klik tombol Login yang berada di bawahnya
  • Ketiga : Anda akan masuk pada menu beranda, di situ akan anda fitur CALON PESERTA UN. Di dalamnya ada beberapa menu lagi, yaitu PENGATURAN NO KURSI, UNDUH FILE CALON PESERTA UN, UNDUH CPUN KE EXCEL, UNDUH BERITA ACARA DAN FILTER PD BERDASAR NISN. Semua fitur tersebut digunakan untuk memvalidasi data peserta ujian nasional.
Supaya jelas, simak video di bawah ini:



Demikianlah informasi mengenai Alamat Login PDUN yang bisa saya bagikan kepada anda semuanya, mudah-mudahan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Login Aplikasi PDUN Kemenag yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel