Cara Mengubah Angka Menjadi Huruf Terbilang di Excel

Belajar excel memang tidak ada habisnya. Ada saja hal-hal yang bisa kita lakukan melalui aplikasi buatan microsoft ini. Salah satunya kita bisa mengubah angka menjadi huruf terbilang.
Dengan menggunakan rumus ini, maka anda tidak perlu membuat teks angka secara manual yang tentunya akan sangat melelahkan sekali. Bayangkan saja jika anda harus mengubah data angka yang jumlahnya ratusan atau ribuan menjadi angka. Bisa-bisa jari tangan jadi kriting hehe

Cara Mengubah Angka Menjadi Huruf Terbilang di Excel


Selain tidak efisien dalam proses pekerjaan, mengubah angka jadi huruf secara manual berpotensi salah ketik. Namanya manusia, pasti kalau sudah capek konsentrasi menjadi buyar.

Berbeda dengan menggunakan rumus, bisa dipastikan hasilnya akan tepat dan benar. Selain itu juga tidak begitu melelahkan, sebab pengguna cukup memasukkan 1 rumus, kemudian tarik ke bawah, selesai deh.

Mengganti angka menjadi huruf dalam excel menggunakan rumus ‘Terbilang’. Sayangnya rumus ini belum ada secara otomatis di aplikasi. Maka dari itu pengguna perlu memasukkan fitur tambahan melalui Add-Ins. Dengan cara menonaktifkan security macro lalu install Add-Ins.

Tenang saja untuk file Add-Ins Terbilang ukurannya sangat kecil sekali. Sehingga mudah untuk didownload meskipun dengan koneksi internet lambat

Mengubah angka menjadi terbilang tanpa macro excel mungkin bisa saja tapi saya rasa lebih mudah jika memakai security macro.

Cara Mengubah Angka Menjadi Huruf Terbilang di Excel

Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Langkah Pertama : Download Add-Ins untuk Rumus Terbilang pada link berikut ini http://bit.ly/Terbilang setelah berhasil didownload, ekstrak file tersebut, nanti akan muncul file excel dalam type Microsoft Excel Add-In.
  • Langkah Kedua  : Buka aplikasi microsoft excel anda versi berapapu tidak masalah. Kemudian pilih File > Options > Trust center > Trust center settings > Macro settings > Enable all macros (not recommended, potentially dangerous code can run) > Ok
  • Langkah Ketiga : Kembali ke fitur Excel Options pilih Add-Ins > Tombol Go > Klik browse > Cari file add-ins > Klik Ok
  • Langkah Keempat : Masukkan rumus ke cell dengan format berikut ini “=Terbilang (cell yang diubah dalam teks) > Enter”. Untuk membuat huruf awal menjadi besar semua tinggal menambahkan rumus proper sehingga menjadi seperti berikut ini ”=proper(Terbilang (cell yang diubah dalam teks) > Enter”.  Sehingga akan jadi seperti gambar berikut:
Cara Mengubah Angka Menjadi Huruf Terbilang di Excel

Supaya lebih jelas, silahkan anda simak video di bawah ini :


Demikianlah informasi mengenai Cara Mengubah Angka Menjadi Huruf Terbilang di Excel yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengubah Angka Menjadi Huruf Terbilang di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel