(Terbaru) KMA Nomor 184 Tahun 2019

Saat ini telah resmi terbit KMA Nomor 184 tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah.

Peraturan ini membahas tentang bagaimana mekanisme dalam menerapkan Kurikulum Pendidikan Islam dan Bahasa Arab di Madrasah, mulai dari MI, MTs dan MA.

KMA Nomor 184 Tahun 2019


Hal ini sangat penting sekali dalam dunia pendidikan demi merespon perubahan yang sangat cepat sekali dan juga untuk mengikuti tuntutan dunia global. Sebab kemajuan di bidang Ilmu Pengetahuan,  Teknologi dan komunikasi akan mengubah pola pikir serta gaya hidup masyarakat.

Kemajuan tersebut akan terus berjalan maju sehingga akan mengubah cara pandang dan bersikap masyarakat terutama generasi muda bangsa ini.

Maka dari itu, Kurikulum di Madrasah harus dapat merespon perubahan yang sangat masif tersebut. Kurikulum PAI dan Bahasa harus dapat membuat para peserta didik beradaptasi dengan perubahan zaman tanpa kehilangan jadi dirinya sebagai bangsa negara dan umat islam

Melalui Implementasi KMA Nomor 184 Tahun 2019 diharapkan bisa mendorong dan memberi aturan bagaimana berinovasi dalam menerapkan kurikulum madrasah serta memberikan payung hukum dalam pengembangan kekhasan madrasah, pengembanan penguatan karakter, pendidikan anti korupsi dan pengembangan moderasi beragama pada Madrasah.

Baca Juga :
Keputusan Menteri Agama ini secara bertahap akan diterapkan pada jenjang MI, MTs dan MA mulai Tahun Pelajaran 2020/2021 mendatang. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk melakukan standarisasi implementasi kurikulumpada madrasah di seluruh Indonesia.

Download KMA Nomor 184 Tahun 2019

Silahkan unduh filenya pada link yang ada di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai KMA Nomor 184 Tahun 2019 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel