Juknis Strategi Pembelajaran RA

Pendidikan anak usia dini adalah salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, emosi dan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku), pendidikan agama, bahasa serta komunikasi sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Berkaitan dengan hal tersebut Dirjen Pendidikan Islam Kemenag telah menerbitkan Keputusan Nomor 2765 yang berisikan Petunjuk Teknis Strategi Pembelajaran RA.

Juknis Strategi Pembelajaran RA

RA sebagai satuan pendidikan anak usia dini berbasis islam di bawah pembinaan Kementerian Agama memiliki perbedaan dengan pendidikan anak usia dini secara umum. RA menitikberatkan pada aspek perkembangan anak, transformasi dan internalisasi nilai-nilai spiritual keislaman.

Standar mutu RA terletak pada nilai-nilai keagamaan yang melekat pada seluruh komponen RA, antara lain pada pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, maupun lingkungan yang kondusif.

Keunikan dan tahap perkembangan anak agar dapat tumbuh secara optimal dibutuhkan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif dari pendidik. Peran pendidik dalam pengembangan pembelajaran RA sangat menentukan keberhasilan anak dalam memperoleh pengalaman belajar.

Oleh karena itu strategi pembelajaran sangat dibutuhkan agar proses pembelajaran di RA dapat berkembang dengan optimal dan efektif. Pendidikan yang profesional diharapkan mampu menyusun strategi pembelajaran yang memenuhi kriteria dan prinsip pendidikan anak usia dini.

Baca Juga :

Maka dari itu, sangat penting sekali untuk membuat Juknis Strategi Pembelajaran RA agar bisa menjadi pedoman bagi seluruh Guru RA di Indonesia.

Download Juknis Strategi Pembelajaran RA

Silahkan unduh filenya pada link yang ada di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Juknis Strategi Pembelajaran RA yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Juknis Strategi Pembelajaran RA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel