Juknis Pengembangan Pembelajaran PAI RA 2019

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama telah mengeluarkan Keputusan dengan Nomor 2763 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Raudhatul Athfal.

Juknis digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran di tingkat satuan pendidikan RA di seluruh Indonesia. Tujuannya supaya pembelajaran di RA semakin baik dan maju. Total dalam juknis ini ada 38 lembar yang dibuat dalam format PDF sehingga mudah untuk dicetak.

Juknis Pengembangan Pembelajaran PAI RA 2019


RA sebagai salah satu lembaga pendidikan anak usia dini berciri khas Islam sangat perlu mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pembelajaran PAI Ra terintegrasi pada semua aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik dan prinsip pembelajaran anak usia dini.

Dalam rangka mewujudkan penanaman PAI sejak usia dini tersebut maka diperlukan petunjuk teknis pengembangan pembelajaran PAI di RA. Supaya bisa dijadikan acuan dalam menyelenggarakan dan mengembangkan pembelajaran PAI yang terintegrasi di RA.

PAI merupakan upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan anak untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani ajaran agama Islam. PAI RA juga menekankan pembelajaran untuk menghormati penganut agama lain dalam rangka mewujudkan kerukunan antar umat beragama.

Pembelajaran PAI RA berbasis disiplin ilmu yang meliputi Al-Qur’an Hadis, Akidah, Akhlak, Ibadah dan Kisah Islami yang disampaikan secara terpadu. PAI RA menanamkan karakter dan membentengi anak dari perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan agama. Dengan begitu diharapkan dapat mewujudkan anak yang mampu membedakan antara perbuatan baik dan buruk.

Baca Juga :
Pembelajaran PAI RA bukan sebagai sebuah mata pelajaran, namun terintegrasi dengan semua aspek perkembangan. Oleh karena itu dalam menstimulasi semua aspek perkembangan pendidik harus mengintegrasikan nilai-nilai keislaman.

Download Juknis Pengembangan Pembelajaran PAI RA 2019

Silahkan unduh filenya pada link yang ada di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Juknis Pengembangan Pembelajaran PAI RA 2019 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel