Modul Penyusunan Soal HOTS PDF

Sebentar lagi kita akan memasuki masa-masa ujian akhir semester baik di tingkat MI, MTs dan MA sederajat. Maka dari itu, persiapkan diri baik-baik sejak dini ya.

Salah satu bahasan penting dalam setiap evaluasi pembelajaran ialah penggunaan soal berbasisi HOTS (Higher Order Thinking Skills). Sebuah soal yang mengajak peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi.

Pembuatan soal berbasis HOTS tidaklah semudah yang dibayangkan. Untuk itu di sini saya akan membagikan file Modul Penyusunan Soal HOTS PDF.

Modul Penyusunan Soal HOTS PDF


Apa itu Soal HOTS?


Soal-soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite).

Soal-soal HOTS pada konteks asesmen mengukur kemampuan: 1) transfer satu konsep ke konsep lainnya, 2) memproses dan menerapkan informasi, 3) mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda, 4) menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah, dan 5) menelaah ide dan informasi secara kritis.

Meskipun demikian, soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih sulit daripada soal recall.

Dilihat dari dimensi pengetahuan, umumnya soal HOTS mengukur dimensi metakognitif, tidak sekadar mengukur dimensi faktual, konseptual, atau prosedural saja.

Dimensi metakognitif menggambarkan kemampuan menghubungkan beberapa konsep yang berbeda, menginterpretasikan, memecahkan masalah (problem solving), memilih strategi pemecahan masalah, menemukan (discovery) metode baru, berargumen (reasoning), dan mengambil keputusan yang tepat.

Pada penyusunan soal-soal HOTS umumnya menggunakan stimulus.Stimulus merupakan dasar untuk membuat pertanyaan.Dalam konteks HOTS, stimulus yang disajikan hendaknya bersifat kontekstual dan menarik.Stimulus dapat bersumber dari isu-isu global seperti masalah teknologi informasi, sains, ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

Download Modul Penyusunan Soal HOTS PDF

Silahkan unduh filenya pada link di bawah ini.

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Panduan Penulisan Soal HOTS PDF yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel