Aplikasi Quran Kemenag in Word

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Aplikasi Quran Kemenag in Word.

Bagi anda bapak/ibu guru rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pasti sangat sering sekali membuat media pembelajaran yang menyertakan ayat al-Qur’an.

Aplikasi Quran Kemenag in Word


Atau para mahasiswa di PTKI juga selalu berhubungan dengan ayat al-Qur’an dalam setiap tugasnya. Maka dengan adanya aplikasi ini anda semua akan sangat terbantu sekali.

Qur’an in Microsodt Word pertama kali dikembangkan oleh Muhammad Taufiq pada tahun 2005. Data teks ayat yang digunakan pada saat itu adalah data dari Mujamma’ Malik Fahd yang telah lebih dulu mengembangkan data ayat Al-Qur’an untuk keperluan digital.

Pada perkembangannya, masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa dengan mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia merasa kesulitan untuk mengutip ayat Al-Qur’an dengan benar dan mudah ke dalam dokumen Microsoft Word mereka karena Qur’an in Microsodt Word hanya menyediakan teks ayat Al-Qur’an standar Arab Saudi.

Atas dasar keinginan untuk memenuhi kebutuhan umat muslim terutama dunia akademis akan kemudahan akses untuk mengutip teks ayat Al-Qur’an secara benar dan mudah sesuai dengan Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) (https://lajnah.kemenag.go.id) sebagai satuan kerja di bawah Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama yang secara khusus bertugas menjaga kesahihan Al-Qur’an di Indonesia bekerjasama dengan Muhammad Taufiq untuk menyesuaikan add-in Qur’an in Word dengan Mushaf Standar Indonesia (MSI). Kerjasama ini selanjutnya melahirkan add ins Qur’an Kemenag in Microsoft Word.

Baca juga:

Qur’an Kemenag in Microsoft Word menggunakan Fon dan data teks ayat Al-Qur’an sesuai Mushaf Standar Indonesia. Selain itu, ditambahkan pula beberapa fasilitas seperti Tafsir Tahlili, Tafsir Ringkas, Terjemahan bahasa Indonesia tahun 2002.

Syarat Mengisntal Qur’an Kemenag in Microsoft Word


Adapun syarat utama yang harus dipenuhi untuk menginstal Qur’an Kemenag in Microsoft Word adalah Microsoft Word (2010, 2013, 2016, 2019 dan 365) dan net framework versi 4.

Aplikasi Quran Kemenag in Word


Aplikasi ini ada 2 macam, yaitu 32 bit dan 64 bit. Untuk itu sebelum anda menginstallnya periksa dulu versi bit yang anda gunakan saat ini.

Langsung saja silahkan anda ambil aplikasinya pada link yang ada di bawah ini:
Agar lebih jelas, silahkan simak review videonya di bawah ini ya:



Demikianlah informasi mengenai Aplikasi Quran Kemenag in Word yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Quran Kemenag in Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel