Cara Keluar atau Menutup Jendela Exam Browser dengan Mudah

Cara Menutup Jendela Exam Browser - Dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), salah satu program yang wajib ada di komputer server dan client adalah Exam Browser atau yang lebih sering disingkat dengan Exambrow.

Keberadaan Exambro ini sangat vital sekali dalam pelaksanaan UNBK, karena menjadi program yang menjalan aplikasi UBK Puspendik.

Cara Keluar atau Menutup Jendela Exam Browser dengan Mudah


Aplikasi ini dirancang sedemikian rupa untuk memperlancar penyelenggaraan ujian nasional secara online di Indonesia.

Berbeda dengan Browser lain pada umumnya, Exam Browser dibuat hanya untuk UNBK. Sehingga peserta didik tidak dapat mengakses fitur lain selain laman untuk UNBK. Seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas. Itu adalah alamat login UNBK menggunakan Exambro.

Dengan sistem tersebut, menurut saya sendiri sangat bagus sekali. Karena dengan begitu peserta ujian nasional hanya akan fokus mengerjakan setiap soal. Mereka tidak akan bisa memanfaatkan jaringan internet untuk mengakses informasi lain selain mengerjakan soal yang tersedia.



Lalu bagaimana jika kita ingin menutup jendela Exam Browser UNBK tersebut?

Pertanyaan tersebut, seringkali diutarakan oleh para proktor dan teknisi utamanya bagi mereka yang masih baru dalam penyelenggaraan UNBK.

Hal itu sangat wajar sekali, sebab dalam Exam Browser tidak tersedia fitur Close, Restore Down dan Minimze yang berfungsi untuk mengeluarkan pengguna dari jendela Exambro.

Kondisi tersebut membuat saya sendiri juga menjadi sangat bingung sekali. Saya tekan tombol keyboar ESC berulangkali namun tetap saja tidak bisa keluar.

Akhirnya saya coba membaca buku panduan lagi, dan akhirnya saya menemukan jawabannya yang akan saya bagikan kepada anda semuanya.

Cara Keluar atau Menutup Jendela Exam Browser dengan Mudah

Setelah saya pelajari dan praktikkan langsung, ternyata ada beberapa cara agar pengguna bisa keluar dari jendela Exam Browser, yaitu sebagai berikut:

Cara Keluar atau Menutup Jendela Exam Browser Server

Jika anda ingin keluar dari aplikasi Exam Browser Server maka caranya adalah menekan kombinasi tombol keyboarad (ALT + F4).

Maka secara otomatis jendela Exambrowser akan keluar dan menutup.

Cara Keluar atau Menutup Jendela Exam Browser Client

Untuk keluar dari jendela Exam Browser ada 3 cara yang bisa anda lakukan, yaitu:
  • Tekan CTRL + C + B
  • Tekan CTRL + C + B + H
  • Tekan ALT + F4
Silahkan coba anda lihat pada video berikut ini:



Demikianlah informasi mengenai Cara Keluar atau Menutup Jendela Exam Browser yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

3 Komentar untuk "Cara Keluar atau Menutup Jendela Exam Browser dengan Mudah"

  1. Saya baru beberapa minggu selesai unbk saya langsung menshutdown dan ada tulisan data belum di save computer di exam browser apa data saya masih ada dan bisa di upload ke server pusat

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepengetahuan saya, untuk upload jawaban itu ada jadwalnya pak. kalau diluar jadwal sepertinya tidak bisa

      Hapus
  2. Saya baru beberapa minggu selesai unbk saya langsung menshutdown dan ada tulisan data belum di save computer di exam browser apa data saya masih ada dan bisa di upload ke server pusat

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel