Cara Menentukan Jurusan dan Sinkronisasi Mapel di Simpatika

Salah satu ha penting yang harus dilakukan pada setiap awal tahun pelajaran baru di lingkup madrasah adalah menentukan Jurusan dan SinKronisasi Mata Pelajaran (Mapel) di Aplikasi Simpatika.

Hal tersebut bertujuan supaya jurusan/kompetensi mapel yang diinginkan bisa tampil ketika anda akan menginputkan data Jadwal Mingguan di Aplikasi Simpatika.

Cara Menentukan Jurusan dan Sinkronisasi Mapel di Simpatika


Ketika anda belum menentukan Jurusan/kompetensi dan melakukan sinkronisasi mapel, maka data jurusan tidak akan keluar ketika anda menginput data Jadwal Mingguan.

Akibatnya operator Madrasah tidak bisa menginput Jadwal pelajar di Aplikasi Simpatika, maka dari itu segeralah menentukan jurusan/kompetensi ya.


Oh ya, penentuan Jurusan/Kompetensi hanya untuk jenjang pendidikan Madrasah Aliyah (MA) saja, sebab penjurusan kelas hanya terdapat di jenjang MA sederajat.

Cara Menentukan Jurusan dan Sinkronisasi Mapel di Simpatika

Selanjutnya saya di sini akan memberikan informasi mengenai bagaimana Cara Menentukan Jurusan dan Sinkronisasi Mapel di Simpatika. Sebab tidak semua operator Madrasah mengetahui caranya. Apalagi jika ia masih baru menjadi operator Madrasah.

Adapun langkah-langkah untuk Menentukan Jurusan dan Sinkronisasi Mapel di Simpatika adalah sebagai berikut:
  1. Pertama silahkan anda Login ke dalam Aplikasi Simpatika sebagai PTK/Admin
  2. Langkah kedua, pilihlah layanan Simpatika “Sekolah”. Klik kiri satu kali ya
  3. Ketiga, silahkan anda klik pada Menu “Daftar Kompetensi”
  4. Kemudian, klik pada simbol tambah (plus) guna menambahkan data kompetensi/keahlian baru yang terdapat di sekolah anda seperti yang bisa anda lihat pada gambar nomor 1 di atas
  5. Selanjutnya, pilih dan juga isi semua data yang dibutuhkan di jendela Kompetensi Baru seperti yang bisa anda lihat pada gambar nomor 2 di atas. Tingkat Mulai ialah tingkat dimulainya sebuah Kompetensi Keahlian, dimulai dari tinkat 10 maka secara otomati pada tingkat 11 dan juga 12 akan memperoleh kompetensi tersebut (sehingga anda tidak usah menambahkan data kompetensi lagi pada tingkat 11 dan juga 12). Sedangkan untuk Kode tidak wajib untuk diisi, namun jika ingin diisi itu juga baik. Apabila semua sudah selesai klik pada tombol “Simpan”
  6. Langkah berikutny ialah melakukan “Sinkronisasi Mata Pelajaran”. Caranya Pilih pada Menu Sekolah, kemudian pilih “Kurikulum”, Pilih “Daftar Mata Pelajaran” seperti pada gambar nomor 3 di atas
  7. Berikutnya pilihlah Kurikulum, dengan cara klik pada tombol “Pilih Kurikulum”. Silahkan tentukan kurikulum yang berlaku di sekolah anda. apakah memakai KTSP/Kurikulum 2013
  8. Lakukanlah Sinkronisasi Mapel dari Kurikulum Nasional ke dalam Kurikulum yang akan anda pilih dengan klik pada tombol “Sinkronisasi Data”
  9. Pilihlah pada Tingkat Mapel yang akan dilakukan sinkronisasi. Sinkronisasi Mapel ini bertujuan untuk menyalin data Mapel yang telah tercatat di dalam sistem. Adapun daftar Mapel yang akan disalin berdasarkan dari pilihan tingkat yang nantinya dipilih. Silahkan klik Tombol “Lanjut” apabila semuanya sudah sesuai
  10. Lakukan Konfirmasi Mapel, Caranya Klik Tombol “Simpan” lalu Ok
  11. Sesudah anda berhasil mensinkronisasikan mapel, berikutnya ialah memasukkan data mapel pada jadwal kelas. Pastikanlah bahwa pembuatan jadwal kelas telah fix dan benar sampai anda berhasil membuat roster untuk jadwal kelas. Guna memasukkan data Mapel pendalaman di setiap jadwal jam tatap muka caranya klik pada roster/kolom yang masih kosong seperti pada gambar nomor 4 di atas
  12. Lanjutkan proses selanjutnya sampai tuntas.
Demikianlah informasi mengenai Cara Menentukan Jurusan dan Sinkronisasi Mapel di Simpatika yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menentukan Jurusan dan Sinkronisasi Mapel di Simpatika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel