Cara Mengaktifkan PTK di Simpatika Terbaru

Mengaktifkan data PTK di Simpatika adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap Guru yang mengajar di Madrasah/Sekolah yang berada di bawah naungan dari Kementerian Agama (Kemenag). Mulai dari jenjang pendidikan RA, MI, MTs dan MA.

Pengaktifan PTK di Simpatika harus dilakukan setiap semester, guna mengupdate data setiap PTK. Hal ini bertujuan, supaya sistem bisa mendata bahwa PTK terkait benar-benar masih ada dan aktif mengajar di Madrasah/Sekolah.

Cara Mengaktifkan PTK di Simpatika Terbaru


Apabila anda masih aktif mengajar, namun tidak mengaktifkan data PTK di Simpatika maka itu bisa berakibat fatal lantaran data anda dianggap tidak aktif lagi oleh sistem di Simpatika.

Maka dari itulah, sebaiknya anda harus pro aktif mencari informasi mengenai waktu pengaktifan data PTK di Simpatika. Jangan sampai anda ketinggalan dengan teman-teman guru yang lain.


Sebab data di Simpatika ini akan menjadi salah satu data utama untuk menentukan apakah seorang guru sudah waktunya bisa mengikuti sertifikasi Guru atau belum. Makanya sering-sering update informasi ya kawan.

Sahabat Guru, untuk melakukan Proses keaktifan Pendidik dan Tenaga Kependidikan/PTK atau yang biasa disebut Cetak Kartu Digital PTK di dalam satu Madrasah/sekolah sekarang ini tak diharuskan lagi untuk menunggu persetujuan keaktifan secara kolektif (S25) terlebih dahulu dari pihak Mapenda/Dinas setempat.

Masing-masing PTK bisa secara langsung melakukan cetak kartu digitalnya dengan melalui akun PTK yang dimilikinya.

Kendati demikian, khusus untuk para guru yang menjabat sebagai Kepala Madrasah/Sekolah tetap diwajibkan untuk melalui prosedur ajuan kolektif (S25) guna agar bisa mencetak kartu digitalnya.

Lalu bagaimana Cara Mengaktifkan PTK di Simpatikan Terbaru?

Untuk mengaktifkan data PTK di Simpatika, anda harus melakukan beberapa langkah. Berikut ini tahap-tahap yang harus anda lalui:
  •  Silahkan Buka website SIMPATIKA yang beralamat di simpatika.kemenag.go.id
  • Setelah masuk dashbor silahkan klik tombol LOGIN
Cara Mengaktifkan PTK di Simpatika Terbaru

  • Pilih LOGIN PTK
Cara Mengaktifkan PTK di Simpatika Terbaru

  • Masukkan USERNAME das PASSWORD anda dengan benar
Cara Mengaktifkan PTK di Simpatika Terbaru

  • Klik Tombol LOGIN MASUK berwarna biru di bawahnya
  • Tunggu beberapa saat sampai berhasil masuk Menu Utama Simpatika PTK
  • Pilih Menu KEAKTIFAN
  • Untuk mengaktifkan PTK, langkah pertama adalah PERIKSA PORTOFOLIO
  • Cek kelengkapan dan kebenaran data diri anda
  • Jika ada yang salah silahkan EDIT, apabila sudah benar semuanya Klik tombol SIMPAN
  • Kemudian CETAK KARTU
  • Maka akan muncul jendela KARTU PTK yang memuat identitas diri anda
  • Silahkan Print atau Simpan Kartu PTK tersebut. (lihat gambar di atas)
  • Kemudian Klik Tombol “Info Mengajar”  yang berada di Menu “Info Jadwal Mengajar” yang gunanya untuk melihat Riwayat Mengajar Anda (Lihat pada Gambar Nomor 2 di Atas yang Kotak Berwarna Biru)
  1. Pemutakhiran data riwayat mengajar anda tidak usah dientrikan secara manual lagi oleh masing-masing guru. Sebab sistem secara otomatis akan meng-update data riwayat mengajar anda baik yang berada di sekolah induk maupu di sekolah non induk menuju ke masing-masing portofolio guru yang sesuai dengan isian dari jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM) mingguan pada tiap semester aktif yang telah dientrikan oleh pihak petugas admin/operator dari masing-masing sekolah.
  2. Catatan Penting! Diharapkan agar menyiapkan dokumen mengenai penjadwalan mingguan pembelajaran pada  setiap kelas pada semester terbaru yang sudah berlaku di masing-masing sekolah sekarang ini yang nantinya akan berguna sebagai dasar dari entri ke dalam sistem SIMPATIKA. Adapun contoh Daftar Riwayat Mengajar dapat anda lihat pada Gambar Nomor 3 di Atas.
  • Lalu, silahkan klik Tombol “Periksa Portofolio”, yang berada di Menu “Aktifkan Portofolio Anda”.  (Lihat pada Gambar Nomor 2 di Atas Kotak yang Berwarna Merah) Periksalah data portofolio Anda. Apabila terdapat data yang harus disesuaikan maka silahkan klik Tombol “Edit Kembali” di bawahnya, tetapi apabila telah sesuai semunya klik Tombol “OK” (Lihat pada Gambar Nomor 4 di Atas)
  • Berikutnya, silahkan klik tombol “Aktifkan” untuk periode Tahun Ajuran yang anda inginkan misalnya saja 2017/2018 Semester 1 (Lihat pada Gambar Nomor 2 di Atas Kotak yang Berwarna Merah)
  • Terakhir, silahkan Klik tombol “Cetak Kartu” guna  untuk mencetak kartu digital PTK anda masing-masing. (Lihat pada Gambar Nomor 2 di Atas Kotak yang Berwarna Orange)
Supaya lebih jelasnya simak video berikut ini:

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengaktifkan PTK di Simpatika Terbaru yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Update terus data anda di dalam Aplikasi Simpatika. Update terus berbagai informasi terbaru agar anda tidak ketinggalan sendiri ya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengaktifkan PTK di Simpatika Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel