Cara Memindahkan Kelas Siswa di Simpatika

Cara Memindahkan Kelas Siswa di Simpatika -Terkadang karena beberapa hal, peserta didik di sebuah kelas harus pindah ke kelas yang lain. Biasanya ini kerap terjadi di Madrasah-Madrasah yang mempunyai Jumlah Rombongan Belajar Banyak.

Misalnya saja, peserta didik bernama SI A yang awalnya berada di kelas X-1 karena ada sebab dan pertimbangan tertentu ia dipindah ke kelas X-2.

Cara Memindahkan Kelas Siswa di Simpatika


Adanya perpindahan peserta didik dari satu kelas ke kelas yang lain, harus diikuti juga dengan data administrasi yang berada di Aplikasi Simpatika.

Peserta didik yang pada awalnya tadi terdata di kelas X-1 harus segera dipindahkan ke kelas X-2. Supaya antara data di Simpatika dengan realita sama.

Artikel Terkait: Cara Penerbitan NUPTK Guru Madrasah Terbaru

Jangan sampai apa yang terdapat di Simpatika berbeda dengan yang ada di lapangan. Kendati hal itu hanya berkaitan dengan kelas seorang peserta didik.

Mengapa demikian?

Sebab jika ada perbedaan antara di Aplikasi Simpatika dengan realita, akan menyebabkan perbedaan data siswa. Padahal data ini nantinya akan menjadi acuan pendataan peserta didik secara nasional, bahkan sampai pelaksanaan Ujian Nasional.

Bagi anda para operator Simpatika Madrasah, apabila ada seorang siswa yang pindah kelas segeralah memindahkan datanya.

Bagaimana Cara Memindahkan Kelas Siswa di Simpatika?

Bagi anda yang belum tahu atau operator Simpatika baru, berikut ini langkah-langkah Cara Memindahkan Kelas Siswa di Simpatika:

  • Silahkan anda login ke dalam Akun Simpatika yang beralamat di http://simpatika.kemenag.go.id/ sebagai Admin Madrasah
  • Setelah berhasil Login, pilihlah layanan dengan cara Klik Menu SIMPATIKA MADRASAH
  • Pilih Menu Sekolah (Lihat Gambar 1)
  • Pilih Menu Kelas yang berada di bawah Menu Kurikulum dan di atas Menu Jadwal (Lihat gambar 1)
  • Klik Tombol Daftar Kelas yang berada di Menu Profil Kelas
  • Pada jendala dasbor Data Kelas, Silahkan anda pilih kelas tujuan. (Misalnya saja di sini kita akan memindahkan seorang peserta didik bernama Si A yang pada awalnya berada di kelas IPA 1 kemudian akan dipindahkan menuju ke kelas IPA 2). Silahkan anda Klik pada pada nama kelas tujuan tersebut. (Lihat Gambar 2)
  • Kemudian anda akan dialihkan untuk menuju pada halaman dasbor kelas tujuan anda tersebut, klik pada tombol Tambah (+) yang berada di sebelah kanan atas
  • Selanjutnya akan muncul Halaman Tambah Siswa. Pada kotak dialog yang tampl, silahkan anda pilih kelas asal dari peserta didik yang akan ditambahkan tersebut
  • Lalu akan dimunculkan daftar peserta didik yang terdapat pada kelas asal peserta didik tersebut. Pilihlah peserta didik yang anda inginkan. Caranya dengan klik atau mencetang pada peserta didik tersebut. Cara tersebut juga dilakukan apabila peserta didik lebih dari satu. Lihatlah pada gambar nomor 3 di atas.
  • Apabila sudah dicentang semua siswa yang akan dipindah kelas, klik tombol panah ke kanan (>) atau yang menuju ke kelas tujuan guna untuk memulai prosedur pemindahan terhadap peserta didik yang akan dipindah tersebut
  • Silahkan cek ulang para peserta didik yang akan dipindahkan kelas pada kolom yang berada di sebelah kanan, Apabila sudah sesuai semuanya silahkan klik Tombol Tambahkan yang berada di sebelah bawah kanan. Lihat pada Gambar nomor 4.
  • Selesai, proses pemidahan peserta didik dari sekolah awal ke sekolah tujuan berhasil dilakukan.

Catatan Penting!!! Apabila anda ingin melakukan pemindahan peserta didik lagi, silahkan ulangi langkah-langkah di atas.

Demikianlah informasi mengenai Cara Memindahkan Kelas Siswa di Simpatika yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memindahkan Kelas Siswa di Simpatika "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel