100+ Soal Ujian Madrasah Fikih MA dan Jawabannya I Part 3

Hallo sobat semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagai 100+ Soal Ujian Madrasah Fikih MA dan Jawabannya I Part 3 kepada anda semuanya.

Silahkan simakdi bawah ini :
 
31. Mushaf al-qur`an yang asli tidak ada tanda titiknya dan tidak ada harokatnya.kemudian untuk memudahkan membacanya al-qur`an dengan benar maka di berilah tanda titik maupun harokat.ini adalah realisasi dari sumber hukum…
A. qiyas
B. istishab
C. istihsan
D. ijma`
E. Mashalihul Murshalah
JAWABAN : E

32. Seseorang ragu sudah wudhu artau belum? Dalam keadaan ketentuan harusnya berpegang kepada “belum berwudhu”, karena hukum belum wudhu.
Pernyataan ini merupakan contoh dari…..
A. Istihsan
B. Istishab
C. Sadduz dzari’ah
D. Syar’u man qablana
E. Masalihul mursalah
JAWABAN : B

33. Dasar hukum al Qawaidul Fiqhiyah ini
ان الشيطان ليأتى أحدكم وهو فى صلاتهم فيقول له : أحدثت فلأ ينصرف حتى يسمع صوتا أو يجد ريحا
 Setelah membaca, bacaan tersebut merupakan dasar hukum al Qawaidul fiqhiyah yaitu….
A. اليقين لا يزال بالشاك
B. الامور بمقاصدها
C. المشقة تجلب التيسر
D. العادة محكمة
E. الضرير يزال
JAWABAN : A

34. Kaidah ini menjadikan landasan berbagai macam hukum fiqih. Diantaranya kebolehan mengembalikan barang yang sudah dibeli karena ada cacatnya yang merugikan pembeli, yaitu kaidah yang berbunyi….
A. اليقين لا يزال بالشاك
B. الامور بمقاصدها
C. المشقة تجلب التيسر
D. العادة محكمة
E. الضرير يزال
JAWABAN : D

35. Dalil yang digunakan dalam takwil adalah, kecuali …
A. Nash yang diambil dari al Qur’an dan As Sunnah
B. Ijma’
C. Kaidah-kaidah fikih yang mendetapkdan bahwa pembentukan syari’at memperhatikan hald-hal yang bersifat kulli
D. Kaidah-kaidah umum syari’at yang diambli dari al Qur’an dan sunnah
E. Qiyas
JAWABAN : C

36. Berikut ini tidak termasuk hubungan antara mutlaq dan muqayyad adalah ….
A. Perbedaan hukum dan sebab yang muqayyad boleh diikutkan kepada yang mutlak
B. Perbedaan hukum dan sebab yang mutlaq boleh diikutkan kepada yang muqayyad
C.    Perbedaan hukum dan persamaan sebab yang mutlaq juga tidak boleh dilakukan kepada yang muqayyad
D. Persamaan hukum dan sebab yang mutlaq harus diikutkan pada yang muqayyad
E. Persamaan hukum dan berlainan sebab yang ini dipersilisihkan ulama’ ushul, apakah yang mutlaq diikutkan kepada yang muqayyad ataukah tidak
JAWABAN : A

37. Perhatikan pernyataan berikut :
1)    Keluarga berencana
2)    Hukum zina
3)    Membukukan al Qur’an
4)    Hukum mencuri
5)    Hukum membunuh
Yang termasuk contoh hasil ijtihad
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 4 dan 5
JAWABAN : B

38. ‘Amar adalah lafad yang menunjukkan perintah.  Bentuk-bentuk ‘Amar adalah, kecuali …..
A. وأقيمواالصلوة وأتوأالزكوة واركعوا مع الركعين
B. يأالذين ءامنوا لا تقربوا الصلوة وأنتم سكرى
C. ادخلوها بسلم أمنين
D. اصلوها فأصبروا أولاتصبروا سواء عليكم
E. وأقموالصلوة وأتوالزكوة
JAWABAN : B

39. Contoh bentuk amar dalam bentuk masdar pengganti fi’il  adalah …
A. وبالولدين احسان
B. اعملوا ماشئتم
C. اصبرو او لا تصبروا
D. اقرءو بالقرأن
E. اغسلوا وجوهكم  
JAWABAN : A

40. Bunyi ayat dibawah ini termasuk lafad :
ربنا لا تزغ قلوبنا بعد اذهديتنا وهب لنا من لدنك رحمة
A. ‘Amr
B. ‘Am
C. Khas
D. Nahi
E. Mujmal
JAWABAN : D

41. Dalam melaksanakan perintah seseorang tidak hanya melaksankan apa yang telah diperintahkan saja, akan tetapi juga harus melaksankan faktor pendukung terhadap terlaksananya perintah tersebut agar sah, misalnya orang yang sedang tawaf harus dalam kondisi suci, maka mutawwif harus berwudlu dulu, kaidah di bawah ini yang cocok dengan masalah diatas adalah …..
A. الاصل فى الامر لايقتضى الاتكرار
B. الاصل فى الامر لا يقتضى الفور
C. الامر بالشئ أمر بوسائله
D. الامر بالشئ نهى عن ضده
E. الاصل فى الامر بالسبب
JAWABAN : C

42. Kemajuan tehnologi informasi memudahkan siapa saja belajar dari internet. Tanpa bekal ilmu alat agama seperti nahwu, sharaf, ushul fiqih, qaidah fiqih, dll seseorang dengan grusa-grusu memaknai ayat al Qur’an yang dimaknai tidak sesuai makna aslinya. Contohnya adanya kalimat yang memberi perintah meninggalkan sesuatu perbuatan.
Ayat berikut ini yang berbentuk perintah tapi menunjukkan larangan adalah
A. واحل الله البيع وحرم الربا
B. حرمت عليكم الميتتة
C. فاسعوا الى ذكر الله وذرواالبيع
D. ولا تنكحوا المشركات حتى يؤمن  
E. ولا تيمموا الحبيث منه تنفقون
JAWABAN : A

43. Hukuman bagi pencuri yang sudah mencapai satu nisab adalah dipotong tangannya sebagaimana penjelasana dalam ayat :
والسارق والسارقه فاقطعوا ايديهما
Ayat diatas masih umum sehingga butuh di takhsis keumumannya. Dibawah ini yang sesuai digunakan untuk mentakhsis ayat diatas di atas adalah …
A. لايقبل الله صلاة أحدكم اذا حدث حتى يتوضأ
B. فيماسقت السماء العسر
C. لا قطع فى أقل من ربع دينار
D. الطالاق مرتان فامساك بمعروف او تسريح باحسان
E. وبعولتهن أحق بردهن فى ذلك ان أرادوا اصلاحا
JAWABAN : C

44. Lafad Mujmal yaitu lafad yang belum jelas dan belum dapat menunjukkan maksud atau arti yang sebenarnya. Oleh karena itu, lafad mujmal menunjukkan bayan/mubayyan, yaitu lafad penjelas dari status makna lafaz yang belum jelas.  Yang termasuk lafad Mujmal adalah …
A. والمطلقت يتربصن بأنفسهن ثلثة قروء
B. فمن لك يجد فصيام ثلثة أيام فى الحج وسبعة اذا رجعتم تلك وعشرة كاملة
C. فامسحوا بوجوهكم وأيدكم منه
D. ومن قتل مؤمنا خطئا فتحرير رقبة مؤمنة
E. فاغسلوا وجوهكم وأيدكم الى المرافق
JAWABAN : A

45. Hikmah lafad Mujmal adalah …
A. Mengandung hikmah menguji dan merangsang akal untuk berfikir bagi     setiap orang yang memikirkannya
B. Memperoleh derajat ilmu serta mendapat kemulyaan
C. Memperlihatkan kadar jerih payah dalam mencari kebenaran
D. Menambah ketenangan hati(iman) karena akan mengetahui bahwa al-Qur’an benar-benar berasal dari Allah SWT
E. Jawaban a,b,c dan d benar
JAWABAN : E

46. Seumpama terjadi rencana pembangunan gedung hiburan di desa anda yang bertujuan menambah imkam desa, akan tetapi wujudnya bangunan tersebut diduga kuat akan bisa menimbulkan kemaksiatan. Bagaimana masalah tersebut menurut hukum Islam sadduuz dzari’ah ?
A. Boleh karena bisa menambah anggaran desa
B. Boleh karena pembangunan tersebut menambah kesejahteraan masyarakat
C. Wajib karena akan mengurangi pengangguran
D. Tidak boleh karena akan menguntungkan orang tertentu
E. Tidak boleh karena membawa kemudharatan warga desa
JAWABAN : E

47. Adat yang digunakan mentakhsis lafal yang umum terdapat beberapa bentuk sebagaimana ayat berikut, sedang tahsis itu sendiri ada tahsis muttasil ada juga tahsis munfasil.
Perhatikan ayat di bawah ini :
ثم رددناها أسفل سافلين (5) الا الذين أمنوا ةعملوالصالحات فلهم أجر غير ممنون

Mukhassis muttasil yang terdapat pada susunan ayat di atas adalah dengan menggunakan ….
A. syarat
B. Istisna’
C. sifat
D. Menunjukkan arti sebagian
E. Ghayah
JAWABAN : B

48. Saat rasulullah masih hidup semua hukum selesai ketika disampaikan kepada rasul, baik jawaban rasul berupa ucapan, atau perbuatan atau ketetapan, adapun apabila Rasulullah melihat suatu kejadian atau beliau mendengar penuturan kejadian tetapi Rasulullah mendiamkan tidak komentar apa-apa. Maka sikap Rasul tersebut dinamakan ….
A. Bayan qauly
B. Bayan fdi’ly
C. Bayan isyarah
D. Bayan hammiy
E. Bayan taqriir
JAWABAN : E

49. Dalam situasi saat ini Covid 19, banyak hal yang terjadi perubahan di dalam masyarakat. Misalnya Rasulullah menganjurkan saat sholat jama’ah, maka rapatkan shaf  jama’ahnya, namun saat ini yang terjadi jama’ah sholat harus merenggangkan barisannya. Misalnya juga saat kita bertemu seharusnya bersalaman dengan cara berjabat tangan, namun dalam kondisi pendemi, saat kita bertemu, cukup menggemgam kedua tangan dan menundukkan kepala terhadap orang didepan kita.  Dasar hukum yang memperbolehkan hal tersebut diatas adalah kaidah ….
A. Urf
B. Masalihul mudrsalah
C. Madzhab shahabi
D. Syar’u man qablana
E. Dalalh iqtiran
JAWABAN : B

50. Fauzan merasa kesal kepada ayahnya yang tidak memenuhi keinginan Fauzan untuk dibelikan sebuah sepeda motor, karena kesal Fauzan memukul ayahnya dengan raket nyamuk.
Pernyataan yang mengharamkan pemukulan anak kepada orang tua dengan dasar pada larangan untuk mengatakan “uff” pada kedua orang tua, sebagaimana yang tercantum dalam kandungan QS. Al Isra’ ; 23 di bawah ini :
اما يبلغن عندك الكبر أحدهما أوكلاهما فلا تقل لهما أف ولا تنهرهما وقل لهما قولا كريما (الاسراء : 23)

Kesimpulan hukum dengan dasar menyamakan sebagaimana dalam kasus tersebut diatas, dalam istilah ushul fikih disebut ….
A. Qiyas aulawi
B. Qiyas syibhi
C. Qiyas dalalah
D. Qiyas musawi
E. Qiyas adna
JAWABAN : A

Sebelumnya : 100+ Soal Ujian Madrasah Fikih MA dan Jawabannya I Part 2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel