Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Madrasah

Hallo teman-teman semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Madrasah kepada anda semuanya.

Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Madrasah
Panduan IKM Madrasah

Buku ini disusun dalam rangka memberi arah dan inspirasi bagi madrasah jenjang pendidikan RA, MI, MTs, MA dan MAK dalam mengembangkan kurikulum operasional di madrasahnya.

Untuk memandu Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Madrasah, Kementerian Agama akan menerbitkan 6 buku panduan, antara lain:

1) Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Pada Madrasah

2) Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)

3) Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA)

4) Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajara Rahmatan lil Alamin (P5 PPRA)

5) Panduan Pengembangan dan Contoh Modul Ajar Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab

6) Panduan Pengembangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Raudlatul Athfal (RA).

Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ini memuat tentang (1) strategi implementasi, (2) pendampingan, dan (3) monitoring dan evaluasi terhadap implementasi kurikulum pada madrasah. 

Pada bagian pertama, strategi implementasi, dijelaskan mengenai skema mekanisme implementasi Kurikulum Merdeka. Bagian ini memuat peran, tanggung jawab serta kewenangan  masing-masing pihak  yang terkait, mulai dari level  madrasah hingga level Kementerian Agama Pusat. 

Dijelaskan pula tahapan IKM di madrasah serta berbagai kegiatan yang  direkomendasikan  agar dilakukan oleh madrasah demi memperkuat IKM, seperti mengikuti kegiatan sosialisasi, bimtek, maupun pelatihan IKM yang dapat diselenggarakan secara daring, luring maupun hibryd (kombinasi daring dan luring) maupun menggunakan platform, dengan substansi materi yang telah ditentukan.

Download Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Madrasah

Langsung saja silahkan unduh filenya pada link di bawah ini :

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Madrasah, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Baca juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel