Soal PTS Fiqih Kelas 10 Semester 2 dan Jawabannya

Hallo sobat semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Soal PTS Fiqih Kelas 10 Semester 2 dan Jawabannya kepada anda semuanya.

Silahkan simak di bawah ini :


1. Dalam islam, seseorang bisa memiliki suatu barang secara sah tanpa melanggar aturan syariat melalui 4 hal. Jelaskan 4 hal tersebut! 

Jawaban : Ihrajul Mubahat, Al-Khalafiyah, Attawalladu minal mamluk, al uqud


2. Islam hadir untuk mengatur segala permasalahan hidup manusia, termasuk juga masalah kepemilikan harta. Deskripksikan apa yang dimaksud dengan kepemilikan!

Jawaban : Suatu barang atau harta yang secara hukum dapat dimiliki seseorang untuk dimanfaatkan dan dibenarkan utuk dipindahkan penguasaanya kepada orang  lain


3. Kepemilikan terhadap suatu harta dalam ilmu fikih dibagi menjadi 3 macam, yaitu kepemilikan penuh, materi dan manfaat, jelaskan masing-masing jenis kepemilikan tersebut dan berikan contohnya! 

Jawaban : 

Kepemilian terhadap suatu harta ada tiga macam, yaitu: 

a. kepemilikan penuh

b. kepemilikan materi

c. kepemilikan manfaat


4. Seorang muslim yang baik wajib baginya untuk memenuhi akad-akad yang disepakati bersama. Jelaskan yang kamu ketahui tentang aqad! 

Jawaban : Akad adalah ijab dan qobul dalam bentuk sighat lafaz ijab dan qobul


5. Syirkah banyak sekali macamnya, akan tetapi yang penting diketahui salah satunya yaitu sirkah Abdan. Jelaskan yang dimaksud dengan syirkah abdan! 

Jawaban : Bentuk kerjasama antara dua orang atau lebih yang berhak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat (bergerak dalam bidang jasa).


6. Apabila kita amati secara seksama, maka akan kita temukan beberapa perbedaan antara muzaro'ah dan mukhobaroh, sebutkan!

Jawaban :

  • Muzara’ah bentuk kerjasama yang rata-rata berlaku pada perkebunan yang benihnya cukup mahal, misalnya cengkeh, pala, jeruk manis, panili dan sebagainya. Petani yang lemah tidak mampu membeli benih tersebut dalam jumlah besar lagipula tanaman tersebut memerlukan masa yang cukup lama jadi tanpa modal tidak mungkin hal itu dijangkaunya.
  • Mukhabarah bentuk kerjasama yang rata-rata berlaku dalam hal tanaman yang harga benihnya relatif murah seperti padi, gandum, jagung, kacang tanah dan sebagainya. Dengan adanya Bimas dan Inmas dewasa ini bila hal ini dibebankan kepada penggarap maka cukup tinggi ditambah resiko resiko lain yang tidak terduga.


7. Jelaskan pengertian wakalah !

Jawaban : Wakalah adalah pemberian kuasa untuk bertindak atas nama yang memberi kuasa


8. Jelaskan pengertian shulhu !

Jawaban : Sulhu adalah menghentikan atau mendamaikan pertikaian atau perselisihan


9. Bagimana tanggapan saudara bila menjumpai seorang polisi yang sedang bertugas lalu menemukan pelanggaran dan polisi tersebut menawarkan perdamian. Sertakan jawaban anda dengan menggunakan argumentasi yang rasional !

Jawaban : Menolak dengan halus dan memilih taat pada hukum yang berlaku, karena hal ini bertentangan dengan hukum Agama dan Negara

Baca juga :

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel