Cara Mengatasi SQLSTATE[42S21] Saat Sinkron UAMBNBK

Pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika melakukan sinkronisasi Aplikasi UAMBNBK tahun pelajaran 2019/2020 ini.

Pengalaman ini mungkin dialami juga oleh beberapa teman proktor, karena dalam notifikasi pada aplikasi Ujian Madrasah juga membahas hal tersebut.

Cara Mengatasi SQLSTATE[42S21] Saat Sinkron UAMBNBK


Mulanya saya melakukan installasi aplikasi UAMBNBK seperti biasanya. Sampai pada tahap sinkronisasi dari awal sampai akhir tidak ada masalah. Semua berhasil dan lancar.

Namun problem kemudian muncul, ketika saya sudah melakukan logout aplikasi. Saat hendak membuka aplikasi UAMBNBK lagi tiba-tiba gagal.

Justru yang muncul adalah notifikasi seperti yang terlihat pada gambar di atas. Isinya yaitu SQLSTATE[42S21]: Column already exixtx.......

Tentu saja hal ini membuat saya cukup kebingungan. Akhirnya saya coba install ulang aplikasi UAMBNBK lagi dari awal.

Ternyata hasilnya sama, sampai tahap sinkronisasi tidak ada masalah. Namun ketika sudah logout dan coba membuka aplikasi Ujian Madrasah tetap tidak bisa.


Baca juga : VDI Gladi Bersih UAMBNBK 2020

Masalah yang muncul juga sama. Meskipun sudah menggunakan beberapa jenis web browser hasilnya sama saja. Hingga beberapa kali saya install ulang tetap tidak ada bedanya.

Cara Mengatasi SQLSTATE[42S21] Saat Sinkron UAMBNBK

Bagi anda yang mengalami hal sama dengan saya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  • Pertama : Silahkan anda bukan website Sikurma PDUM, lalu login ke dalamnya. Buka Menu Madrasah, pada bagian Kurikulum silahkan pilih K-2013/KTSP kemudian SIMPAN
  • Kedua : Masukkan Link berikut ini ke web browser anda http://192.168.0.101/admin/sync/index
  • Ketiga : Lakukan Sinkron atau reload pada Data Madrasah (Nomor 1). Jika Sudah berhasil logout dan coba lakukan login aplikasi kembali
Cara Mengatasi SQLSTATE[42S21] Saat Sinkron UAMBNBK

Catatan : Permasalahan halaman error login  SQLSTATE[42S21] saat pertama kali login setelah update ternyata hal yang wajar. Ini bisa diketahui pada notifikasi beranda UAMBNBK seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas. Maka dari itu anda tidak perlu khawatir dan terburu-buru install ulang aplikasi Ujian Madrasah seperti saya. Gunakan trik yang saya bagikan ini dulu ya.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi SQLSTATE[42S21] Saat Sinkron UAMBNBK yang bisa saya bagikan untuk anda semuanya.

1 Komentar untuk "Cara Mengatasi SQLSTATE[42S21] Saat Sinkron UAMBNBK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel