http://pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag Alamat Verval PD Kemenag (Madrasah)

Baru-baru ini di kalangan Operator Madrasah sedang ramai membahas tentang Verval PD Kemenag. Hal tersebut sangat wajar mengingat fungsi dari aplikasi verval PD sangat penting untuk validasi data siswa.

Di kalangan sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbud pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Verval PD. Sebab setiap sekolah memiliki akses khusus yang terintegrasi dengan akun dapodik.

http://pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag Alamat Verval PD Kemenag (Madrasah)
Laman Beranda Verval PD Kemenag

Sementara untuk madrasah, tidak memiliki akses langsung ke Verval PD. Hanya operator di tingkat kabupaten/kota yang mempunyai akun tersebut. Sehingga perbaikan data siswa madrasah di sebuah kabupaten hanya dari berbagai tingkatan terpusat menjadi satu.

Akibatnya karena banyaknya data siswa sedangkan yang mempunyai akses ke aplikasi hanya 1 orang, data mereka menjadi tidak valid. Misalnya perbaikan nama siswa, NISN, Tempat dan Tanggal Lahir serta lain sebagainya.

Namun mulai tahun ini madrasah akan memperoleh akases langsung ke aplikasi Verval PD. Sehingga mereka bisa mengajukan perbaikan sendiri tanpa harus melalui Operator Kemenag Kabupaten/Kota setempat. Dengan begini diharapkan proses pekerjaan verifikasi dan validasi data siswa bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

Apa itu Aplikasi Verval PD Kemenag?

Verval PD Kemenag adalah sebuah aplikasi berbasis website yang digunakan untuk melakukan verifikasi dan validasi data siswa. Tujuannya supaya data mereka saat ini yang salah bisa diperbaiki dan menjadi valid.

Misalnya saja, kasus yang sering ditemui adalah NISN yang tidak terdaftar. Padahal di Ijazah sekolah/madrasah tingkat sebelumnya sudah ada. Namun ketika dicek, hasilnya nihil.

Nah supaya peserta didik memperoleh NISN yang valid maka perlu dilakukan perbaikan data. Tentunya dengan menyertakan bukti-bukti yang dibutuhkan.

Alamat Website Aplikasi Verval PD Kemenag

Aplikasi dibuat berbasis website, sehingga pengguna perlu akses internet untuk bisa masuk di dalamnya.

Adapun alamat aplikasi ini adalah sebagai berikut:

http://pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag

Anda bisa melihat laman beranda aplikasi ini pada gambar yang sudah saya sertakan di atas.

Download User Guide Aplikasi Verval PD Kemenag

Untuk membantu anda dalam menggunakan aplikasi ini, maka pelajarilah petunjuk penggunaannya terlebih dahulu yang bisa diunduh pada link di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai http://pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya, mudah-mudahan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel