Petunjuk Pengisian Kode Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan di EMIS

Dalam artikel sebelumnya saya telah membagikan file yang berisikan Petunjuk Pengisian Detail Siswa Melalui Template di EMIS Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020.

Untuk melengkapinya saya di sini akan membagikan Petunjuk Pengisian Kode Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan di EMIS Madrasah.

Petunjuk Pengisian Kode Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan di EMIS
 

Seperti yang anda ketahui bahwa EMIS merupakan aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Agama sebagai media pendataan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kemenag.

Lembaga tersebut meliputi Pondok Pesantren, RA, MI, MTs, MA dan lain sebagainya. Semua pendataan peserta didik dilakukan melalui aplikasi ini.

Tidak seperti dulu, sejak beberapa tahun terakhir EMIS saat hanya bisa diakses secara online. Pengguna harus memasukkan URL khusus untuk dapat mengaksesnya.

Sebenarnya hal tersebut ada sisi baik dan tidaknya. Dari segi kebaikannya, pengguna bisa membuka aplikasi ini kapan saja dan di mana saja asalkan mempunya koneksi internet. Bahkan dibuka menggunakan smartphone juga bisa.

Namun dari segi kekurangannya, EMIS online akan sering mengalami gangguan jika server yang dipakai tidak kuat. Sebab semua pengguna akan mengaksesnya secara online. Bayangkan saja berapa ratus ribu orang setiap harinya yang mengakses aplikasi ini. jika servernya tidak mumpuni pasti akan  mengalami down.

Petunjuk Pengisian Kode Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan di EMIS

Kembali lagi pada pokok artikel ini, di sini saya akan membagikan Petunjuk Pengisian Kode Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan di EMIS yang berformat excel.

Seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas, di situ tertera 3 kolom dari kiri berisi angka. Itu menandakan kode Provinsi, Kabupaten/Kota/Distrik serta Kecamatan.

Lantas di sebelah kanannya ada keterangan Provinsi, Kabupaten/Kota/Distrik serta Kecamatan yang diberi kode tersebut.

Mengenai hal ini saya menganjurkan agar teman-teman lebih berhati-hati untuk melihat kodenya. Lantaran pada setiap provinsi, kabupaten dan kecamatan mempunya kode yang berbeda.

Jika ada madrasah dalam satu kabupaten namun berbeda kecamatan kodenya pun berbeda. Nah agar teman-teman cepat menemukan kodenya, saya sarankan menggunakan CTRL+F lalu ketikkan nama kecamatan.

Apabila teman-teman cari satu per satu maka akan sangat pusing sekali. sebab jumlahnya ada ribuan data. Langsung saja silahkan ambil filenya pada link yang ada di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Petunjuk Pengisian Kode Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan di EMIS yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Petunjuk Pengisian Kode Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan di EMIS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel