Modul PPG Kemenag TIK

Pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah file yang bersikan Modul PPG Kemenag Mapel TIK kepada anda semuanya sebagai bahan belajar.

Adapun cuplikan materinya adalah sebagai berikut:

Pengertian Animasi

Menurut Ibiz Fernandes animasi didefinisikan sebagai berikut: “Animation is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion.” yang artinya “Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.

Modul PPG Kemenag TIK


Teknik Animasi

Secara garis besar, teknik animasi terdiri dari 2 jenis, yaitu teknik animasi frame by frame dan teknik animasi tweening (Zeembry, 2001:83).

a. Teknik Animasi Frame by Frame

Teknik frame by frame animation adalah teknik animasi yang dilakukan dengan bentuk gambar yang menjadikan gambar tersebut berbeda di setiap frame. Teknik ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu (Bustaman, 2001:33): 1) Membuat file akan menjadi lebih besar. 2) Akan menggunakan banyak waktu jika membuat image yang berbeda dalam setiap keyframe.

b. Teknik Animasi Tweening

Teknik tweened animation yaitu teknik animasi di mana dalam proses animasi dilakukan dengan menentukan posisi frame awal dan frame akhir, kemudian mengerjakan animasi frame-frame sisanya yang berada di antara posisi awal dan akhir frame tersebut. Teknik tweened animation memiliki beberapa kelebihan, yaitu (Bustaman, 2001:34): 1) Mempersingkat dan meminimkan waktu kerja.

2) Mengurangi ukuran file karena setiap isi dalam frame tidak perlu disimpan.

Bila dilihat dari teknis pembuatannya terdapat dua cara membuat animasi, yaitu manual dan komputer.

Download Modul PPG Kemenag TIK

Silahkan unduh filenya pada link yang ada di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Modul PPG Kemenag TIK yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya, mudah-mudahan bermanfaat. Baca Juga : Modul PPG Kemenag Mapel Sosiologi

Belum ada Komentar untuk "Modul PPG Kemenag TIK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel