Modul PPG Kemenag Sosiologi

Pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah file yang bersikan Modul PPG Kemenag Sosiologi kepada anda semuanya sebagai bahan belajar.

Adapun cuplikan materinya adalah sebagai berikut:

Sejarah Perkembangan Sosiologi

Kemunculan ilmu sosiologi bukan secara tiba-tiba, tapi didasari oleh berbagai masalah-masalah sosial yang disebabkan oleh tingkah laku manusia dengan manusia lain dalam melakukan hubungan yang masing-masing memiliki kebutuhan, keinginan, kepentingan, dan persepsi yang berbeda-beda, baik secara individu, kelompok, kebudayaannya, sifat kependudukannya, dan keadaan lingkungan alamnya.

Modul PPG Kemenag Sosiologi


Istilah sosiologi baru dikenal dan mendapatkan respon dikalangan ilmuan pada akhir abad ke-18 sekitar tahun 1840-an setelah Auguste Comte pertama kali menggunakannya karena keperihatinannya terhadap ketegangan dan kekacauan sosial yang terjadi di Negara-negara Eropa terutama di Prancis.

Auguste Comte mulai familiar dengan julukan faunding fathers of sosiology melalui karyanya “Positive of Philosophy. Kelahiran Sosiologi sebagai cabang ilmu sosial merupakan hasil perdebatan pemikiran dari para tokohnya yang ingin memisahkan ilmu sosial lainnya seperti filsafat dan psikologi.

Durkheim adalah tokoh yang dianggap paling berjasa melepaskan dominasi dari kedua cabang ilmu sosial tersebut dengan merumuskan obyek sosiologi pada kajian fakta sosial sebagai fokus kajian (fokus of interest) dari fenomena sosiologi, karyanya yang berjudul Suside dan The Role of Sosiology Method.

Kemudian diikuti oleh pemikir-pemikir lain seperti Herbert Spencer, Karl Marx, Max Weber, dan George Simmel mewarnai perkembangan sosiologi. Tokoh-tokoh tersebut dikenal sebagai pemikir teori-teori klasik yang sangat berperan dalam perkembangan sosiologi, namun mereka memiliki pandangan berbeda-beda dalam mengamati realitas sosial.

Karena pandangan yang berbeda itulah menjadi cikal-bakal lahirnya berbagai paradigmaoleh Ritzer disebut multiparadigm. Walaupun demikian, bagi orang yang baru belajar sosiologi tidak perlu khawatir, karena sosiologi bukanlah seperangkat doktrin yang kaku dan selalu menekan apa yang “seharusnya “terjadi, melainkan ia adalah semacam sudut pandang yang selalu mencoba untuk “menelanjangi” realitas: mengungkap fakta-fakta yang tersembunyi dibalik realitas yang tampak.

Download Modul PPG Kemenag Sosiologi

Silahkan unduh filenya pada link yang ada di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Modul PPG Kemenag Sosiologi yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya, mudah-mudahan bermanfaat. Baca Juga: Modul PPG Kemenag Mapel Seni Budaya

Belum ada Komentar untuk "Modul PPG Kemenag Sosiologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel