Mengenal Apa Itu EMIS Manajemen UN

Pada hari diskusi Operator Madrasah di media sosial sedang diramaikan dengan kabar munculnya sebuah aplikasi baru yang disebut dengan EMIS Manajemen UN (Ujian Nasional).

Belum ada kabar resmi seputar rilisnya aplikasi baru ini, namun di sini saya akan memberikan gambaran singkat seputar Aplikasi EMIS Manajemen UN kepada anda semua, sembari menunggu informasi resmi dari Kemenag.

Apa itu Aplikasi EMIS Manajemen UN?

Berdasarkan penjelasan sementara yang ada Aplikasi EMIS Manajemen UN adalah sebuah aplikasi yang khusus untuk melakukan Pendataan Siswa Calon Peserta UN di lingkup madrasah.

Mengenal Apa Itu EMIS Manajemen UN
Laman Login Aplikasi E-Maju

Hal ini dilakukan sebagai solusi atas kinerja website EMIS Madrasah yang sampai saat ini belum bisa bekerja secara optimal, sehingga dikhawatirkan pendataan Capesun akan terganggu.

Adapun tampilan Aplikasi EMIS Manajemen UN bisa anda lihat pada gambar di atas. Itu adalah laman login aplikasi.

Alamat Website Aplikasi EMIS Manajemen UN

Sama seperti lainnya, Aplikasi ini dibuat dengan berbasis website. Sehingga para pengguna harus mengunjungi website tertentu untuk bisa mengaksesnya.

Apa Username dan Password Aplikasi EMIS Manajemen UN?

Untuk Username dan Password Aplikasi EMIS Manajemen UN masih dilakukan pendataan sampai saat ini. Ketika nanti sudah fix akan diinformasikan lebih lanjut.


Mengenal Apa Itu EMIS Manajemen UN
Laman Beranda Aplikasi E-Maju

Fitur Aplikasi EMIS Manajemen UN


Ada 3 fitur utama di dalam Aplikasi EMIS Manajemen UN (E-Maju) yaitu sebagai berikut:
  • Informasi
  • Unduh
  • Upload
Fitur Informasi, Meliputi Nama Madrasah, NSM, NPSN, Nama Kamad, NIP, Alamat, Nama Panitia UN, NIP, Alamat, Nama Kasi Madrasah/Pendidikan Islam dan NIP.

Menu Informasi Konfigurasi Kepala Madrasah Menu Informasi Panitia UN Fitur yang kedua adalah UNDUH. Fitur ini berisi  Data Siswa Kelas Akhir, Data Ruang Kelas, dan Cari Siswa Kelas Akhir.

Pada menu Data Siswa Kelas Akhir, di sana sudah ada menu Unduh Template dan informasi jelas apa saja yang bisa dilakukan pada menu tersebut. 

Selanjutnya pada menu Data Ruang Kelas, ada fitur Unduh dan Tambah yang memudahkan untuk mengisi ruang kelas dan juga informasi jelas apa saja yang bisa dilakukan pada menu tersebut. 

Menu Unduh Data Ruang Kelas Yang terakhir adalah menu Cari Siswa Kelas Akhir. Digunakan untuk pencarian Siswa Kelas Akhir. 

Fitur terakhir adalah UPLOAD. Yang digunakan untuk Upload Template Siswa yang sebelumnya sudah diunduh pada menu Data Siswa Kelas Akhir.

Untuk file yang diunggah yaitu dalam bentuk CSV (Comma Delimited). Dan jangan lupa mengisi Nama Madrasah, NSM, dan NPSN Madrasahnya. 

Demikianlah informasi mengenai Mengenal Apa Itu EMIS Manajemen UN yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Apa Itu EMIS Manajemen UN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel