Kurikulum 2013 Mapel PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah

Dalam menyusun pelajaran di madrasah, Wakil Kepala Bidan Kurikulum harus memahami betul struktur kurikulum yang diterapkan.

Pada saat ini, semua madrasah telah menerapkan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajarannya. Maka dari itu, pelajaran yang dibuat harus sesuai dengan struktur kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 Mapel PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah


Di lingkup madrasah, mengenai strukur kurikulum 2013 ini telah tercantum dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.

Di dalamnya memuat berbagai hal, di antaranya Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, hingga Struktur Kurikulum MI, MTs, MA/MAK.

Latar Belakang

Kerangka dasar kurikulum Madrasah merupakan landasan filosofis, sosiologis, psikopedagogis dan yuridis yang berfungsi sebagai acuan pengembangan struktur kurikulum. Sedang struktur kurikulum Madrasah merupakan pengorganisasian kompetensi inti, mata pelajaran, beban belajar dan kompetensi dasar pada setiap Madrasah. Pengembangan kurikulum perlu dilakukan karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik tantangan internal maupun tantangan eksternal. Disamping itu, dalam menghadapi tuntutan perkembangan zaman, perlu adanya penyempurnaan pola pikir dan penguatan tata kelola kurikulum serta pendalaman dan perluasan materi. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah perlunya penguatan proses pembelajaran dan penyesuaian beban belajar agar dapat menjamin kesesuaian antara apa yang diinginkan dengan apa yang dihasilkan.

Dengan adanya dokumen kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab ini, Kementerian Agama telah berupaya untuk mentransformasikan pemikiran yang menjembatani dinamika yang ada di masyarakat dengan tantangan pendidikan saat ini dan mendatang.

Maksud dan Tujuan

Kurikulum 2013 dimaksudkan untuk mengembangkan potensi peserta didik menuju kemampuan dalam berpikir reflektif bagi penyelesaian masalah sosial di masyarakat.

Adapun tujuannya adalah mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara.

Sasaran

Sasaran dari kebijakan ini adalah pendidik dan tenaga kependidikan serta seluruh pemangku kepentingan (stake holder) madrasah.

Download Kurikulum 2013 Mapel PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda unduh file Kurikulum 2013 Mapel PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah pada link di bawah ini:


Demikianlah informasi mengenai Kurikulum 2013 Mapel PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kurikulum 2013 Mapel PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel