Pengalaman Saya Sukses Sinkronisasi UNBK Hanya 10 Menit

Cara sukses sinkronisasi UNBK - Sinkronisasi server UNBK menjadi langkah yang wajib dilakukan oleh para proktor sekolah penyelenggara ujian nasional berbasis komputer.
Jika tidak melakukan sinkronisasi, maka kita tidak bisa menyelenggarakan simulasi maupun UNBK itu sendiri.

Pada waktu sinkronisasi inilah, banyak hal yang dikeluhkan oleh para proktor. Terutama berkaitan dengan lamanya waktu untuk melakukan proses sinkronisasi.

Pengalaman Saya Sukses Sinkronisasi UNBK Hanya 10 Menit

Bahkan ada beberapa kawan proktor yang mengalami kegagalan berulangkali saat proses sinkronisasi.
Pengalaman Saya Sukses Sinkronisasi UNBK Hanya 10 Menit

Bagi anda yang belum tahu, keberhasilan sinkronisasi UNBK ditandai dengan munculnya notifikasi seperti pada gambar di atas.

Kemudian status downloadnya akan berubah seperti pada gambar di bawah ini:


Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara sukses sinkronisasi UNBK hanya 10 menit saja.

Pasti ada yang bertanya, apa benar hanya 10 menit saja?

Dengan jujur saya jawab IYA. Itu adalah waktu tercepat saya dalam melakukan sinkronisasi server UNBK.

Ketika awal mula saya jadi proktor memang ketika melakukan sinkronsasi UNBK membutuhkan waktu berjam-jam. Bahkan pernah sampai tengah malam.

Namun setelah membaca petunjuk dengan seksama dan belajar dari pengalaman, ‘ketakutan’ saya terhadap proses sinkronisasi UNBK menjadi hilang.

Lalu, bagaimana cara saya agar proses sinkronisasi menjadi cepat dan berhasil?

Silahkan simak penjelasan saya di bawah ini.

Tips Sukses Sinkronisasi UNBK Hanya 10 Menit

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses sinkronisasi berjalan dengan lancara dan sukses. Adapun hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Baca Petunjuk dengan Teliti

Hal remeh namun sering dilupakan oleh proktor adalah membaca buku petunjuk. Rasanya malas kalau disuru membaca, lebih enak kalau praktik langsung.

Dulu saya juga pernah berfikir seperti itu, namun seiring berjalannya waktu, membaca setiap petunjuk yang dikeluarkan oleh admin pusat menjadi kewajiban bagi saya.

Setelah saya amati, ternyata banyak persoalan dalam proses pelaksanaan UNBK ternyata sudah dibahas dengan jelas dalam buku petunjuk.

Maka dari itu, telitilah dalam membaca setiap buku petunjuk.

2. Pastikan Installasi Aplikasi UNBK Sesuai Prosedur

Selanjutnya, anda harus melakukan proses installasi aplikasi UNBK dengan benar. Jangan sampai ada yang salah.

Proses installasi aplikasi UNBK yang saya maksud di sini berkaitan dengan installasi Virtual Box, Membuat Virtual Machine sampai dengan pemasangan exambrowser di komputer server dan client.

Semua aplikasi tersebut harus bekerja dengan baik dan benar. Mengenai cara installasinya saya anggap para proktor sudah hafal ya hehe

3. Koneksi Internet Harus Lancar

Faktor utama penentu cepat tidaknya proses sinkronisasi menurut saya tergantung dengan koneksi internet yang ada.

Pada awal-awal menjadi proktor, koneksi internet di sekolah saya tidak sampai 1mbps. Akibatnya proses download data pada saat sinkronisasi berlangsung selama berjam-jam.

Namun setelah bandwitch internet ditingkatkan hingga mencapat 4mbps, proses sinkronisasi menjadi sangat lancar dan hanya berlangsung selama 10 menit saja.

Sehingga ketika saya menyinkronkan 2 server hanya perlu menghabiskan waktu tidak lebih dari setengah jam.

Kesimpulan: proses sinkronisasi server UNBK yang sangat lama itu disebabkan karena koneksi internet yang lamban. Maka dari itu percepatlah koneksinya supaya proses download data menjadi cepat.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan berkaitan dengan Pengalaman Sukses Sinkronisasi UNBK Hanya 10 Menit. Semoga bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Saya Sukses Sinkronisasi UNBK Hanya 10 Menit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel