Cara Mudah Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal

Sahabat Proktor Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di seluruh Indonesia, pernahkan anda mengalami masalah ketika sedang melakukan Installasi VHD muncul sebuah notifikasi yang berisikan "VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal"?

Jika anda pernah mengalaminya, maka anda tidak perlu terlalu khawatir. Karena hal itu banyak dialami oleh proktor-proktor lainnya.

Cara Mudah Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal


Adanya keterangan VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal memang telah dibahas dalam troubleshooting UNBK. Menurut penjelasan yang ada, hal itu disebabkan VHD sudah rusak sehingga perlu diganti dengan baru.

Namun setelah saya mempraktikannya, mengganti VHD lama dengan VHD yang masih fresh tidak berpengaruh terhadap munculnya notifikasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal.

Ada pula yang berpendapat untuk mengatasi masalah tersebut melakukan install ulang terhada Virtual Machine. Namun setelah melakukannya, hasilnya tetap saja nihil. Pesan VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal  tetap saja muncul.


Baca juga: Aturan Pemberian Foto pada Kartu Peserta UN

Sebenarnya masalah  ini bukan sesuatu hal yang bersifat fatal. Maksudnya, ,meskipun ada keterangan demikian, namun tidak mempengaruhi proses pemanggilan VHD dan Aplikasi UNBK akan tetap berjalan dengan normal.

Lalu bagaimana Cara Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal?

Silahkan anda simak penjelasan di bawah ini:

1. Menutup Virtual Machine dengan Benar

Penyebab utama terjadinya keterangan VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal dikarenakan kesalahan dalam menutup Virtual Machine.

Biasanya saat proktor menutup Virtual Machine melakukannya dengan menekan tombol (X) seperti menutup aplikasi pada umumnya.

Padahal jika melihat prosedur, cara tersebut salah. Untuk menutup Virtual Machine proktor harus menekan Fitur Machine > ACPI Shutdown > Tunggu sampai tertutup jendela Virtual Machine. Seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:



Cara Mudah Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal


2. Biarkan Saja Ada Keterangan VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, meskipun file VHD maupun Virtual Machine diinstall Ulang, namun keterangan VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal masih tetap saja muncul.

Namun anda tidak perlu khawatir, seperti yang sudah saya jelaskan di atas hal tersebut tidak berpengaruh terhadap aplikasi UNBK.

Silahkan saja klik tombol Yes di bawahnya, maka anda akan masuk ke halaman login ke halaman CBT Sync Login.

Lalu silahkan login seperti biasa, pasti aplikasi UNBK di komputer anda akan berjalan dengan lancar.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mudah Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal yang bisa kami sampaikan kepada amda semuanya.

6 Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal"

  1. Saya juga mengalaminya. Ganti VHD juga tidak berpengaruh (peringatan tetap muncul), dan memang tidak berpengaruh terhadap pelaksanaan UNBK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saya juga sudah melaporkan ke helpdesk unbk dan itu memang tidak masalah

      Hapus
  2. Gimana klo dia checking terus ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena salah konfigurasi internet dan client di VM.coba dibenarkan lagi dan ikuti buku petunjuk

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel