Cara Mudah Mengatasi Loading Lama Saat Cetak Kartu UNBK

Cara Mudah Mengatasi Loading Lama Saat Cetak Kartu UNBK - Tampilan kartu peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) saat ini terasa semakin bagus. Sebab sudah dilengkapi dengan foto peserta ujian berikut tabel jadwal serta sesi pelaksanaan ujian untuk masing-masing siswa.

Dengan begitu maka para peserta ujian akan dengan mudah mengingat sesi ujian untuk dirinya sendiri tanpa harus selalu bertanya kepada proktor atau panitia ujian.

Khusus untuk fitur foto peserta, agar tampilan foto tersebut bisa keluar secara otomatis di kartu maka terlebih dahulu para proktor harus mengupload data foto peserta ujian.

Mengenai hal ini saya sudah membahasnya dalam artikel berikut Cara Mencetak Kartu Peserta UNBK Disertai Foto.

Seiring berjalannya waktu, dalam mengupload foto ada sebagian proktor yang mengalami kendala saat mencetaknya. Hal itu disebabkan proses muat tampilan kartu sangat lama. Sehingga membuat proktor harus menunggu lebih lama. Bahkan saking lamanya bisa berjam-jam

Lantas apa penyebab cetak foto peserta UNBK menjadi sangat lama?

Hal itu terjadi lantaran ukuran file foto yang diupload ke dalam aplikasi sangat besar. Sehingga mengakibatkan kecepatan upload foto menjadi menurun.

Bahkan saking besarnya foto dan banyaknya jumlah foto tersebut bisa membuat komputer menjadi heng dan proses cetak foto akan mengalami kegagalan.

Cara Mudah Mengatasi Loading Lama Saat Cetak Kartu UNBK

Salah satu cara mengatasi masalah cetak foto kartu UNBK adalah dengan menggunakan Mozila Firefox. Sebab aplikasi ini mempergunakan fitur pratinjau print atau print preview.

Bisa saja loading lama saat cetak kartu UNBK disebabkan lantaran anda memakai Google Chrome sehingga proses pratinjau print atau print preview yang membutuhkan waktu lumayan lama.

Selain itu agar anda bisa mencetak kartu ujian lebih cepat anda juga bisa menyimpannya terlebih dahulu ke dalam format PDF, supaya anda bisa melihat apakah foto yang diupload sudah benar atau belum kartu pesertanya dalam file offline format PDF.

Adapun cara menyimpan kartun UNBK ke dalam format pdf caranya adalah sebagai berikut:
  • Silahkan buka web browser Mozilla firefox
  • Masukkan alamat website UNBK  kemudian login dengan menggunakan akun anda masing-masing
  • Klik Menu UNBK > Klik pada kartu peserta
  • Klik tombol Cetak, sehingga akan muncul semua seluruh kartu peserta unbk yang akan anda cetak
  • Klik Cetak
Cara Mudah Mengatasi Loading Lama Saat Cetak Kartu UNBK


  • Selanjutnya muncul panel print, silahkan anda pilih dan klik Microsoft Print to PDF untuk menyimpan kartu ujian ke dalam format PDF. Jika anda ingin langsung mencetaknya maka pilihlah fitur printer yang aktif
Cara Mudah Mengatasi Loading Lama Saat Cetak Kartu UNBK

  • Klik tombol OK dan tunggu sampai dengan proses penyimpanan ke file PDF atau proses print selesai dilakukan. Apabila tidak ada masalah maka proses penyimpanan ke PDF hanya butuh waktu sekitar kurang dari 1 menit saja. Tidak akan terjadi loading lama seperti yang terdapat pada Google Chrome
  • Selesai
Demikianlah informasi mengenai Cara Mudah Mengatasi Loading Lama Saat Cetak Kartu UNBK yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Loading Lama Saat Cetak Kartu UNBK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel