Trik Ampuh Mutasi Masuk Siswa Kelas 11 di EMIS

Memasukkan data siswa kelas 11 di EMIS Online memang secara sistem belum bisa dilakukan. Namun dengan sedikit trik, akhirnya saya bisa memasukkannya dengan lancar jaya.

Hal ini saya lakukan karena sampai dengan akhir semester 1 menu mutasi dan input data peserta didik baru belum bisa dilakukan. Padahal untuk kelas 11, datanya harus segera masuk ke dalam EMIS dan valid karena mereka akan menjadi Kelas 12.

Trik Ampuh Mutasi Masuk Siswa Kelas 11 di EMIS


Di sisi lain, di dalam aplikasi EMIS dijelaskan bahwa para operator diminta untuk fokus melakukan pendataan untuk CAPESUN. Mutasi hanya bisa dilakukan untuk siswa kelas akhir saja, yaitu kelas 6, 9 dan 12. Sehingga wajar jika melakukan mutasi untuk kelas di bawahnya tidak bisa dilakukan.

Lalu, saya mempunyai ide untuk uji coba sebuah cara khusus yang menurut saya bisa dilakukan untuk sesegera mungkin melakukan mutasi masuk untuk peserta didik selain kelas akhir.


Apa trik saya tersebut?

Simaklah penjelasan saya baik-baik berikut ini.

Trik Ampuh Mutasi Masuk Siswa Kelas 11 di EMIS

Sebenarnya trik ini tidak hanya bisa dilakukan untuk kelas 11 MA saja, namun untuk kelas 8 MTs dan kelas 5, 4, 3, 2 MI (kalau sudah bisa login) juga bisa menggunakannya.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Silahkan anda login ke dalam aplikasi EMIS Madrasah
  • Pilih menu Siswa Aktif
  • Klik Tombol Mutasi Umum, sebab untuk mutasi madrasah sampai hari ini belum bisa dilakukan. Kendati siswa berasal dari madrasah gunakan saja yang Mutasi Umum
  • Maka akan muncul form mutasi seperti pada gambar pertama di atas, isi semua data yang ada. Saya mencoba memasukkan siswa dengan nama Badiatur Rohma
  • Paling penting, di dalam form tingkat kelas harus anda isi dengan KELAS 12
  • Klik tombol simpan
  • Tunggu sampai sukses seperti gambar di bawah ini:

Trik Ampuh Mutasi Masuk Siswa Kelas 11 di EMIS

  • Lihat gambar di bawah ini, di situ terlihat jika siswa atas nama Badiatur Rohma telah berhasil dimasukkan ke dalam menu Siswa Aktif dengan Kelas/Rombel


Trik Ampuh Mutasi Masuk Siswa Kelas 11 di EMIS

  • Sekarang kita ubah rombel tersebut menjadi kelas 11. Bagi anda yang belum tahu silahkan baca artikel saya yang berjudul Cara Ubah Rombel di EMIS Online. Maka hasilnya data kelas akan berubah seperti gambar di bawah ini:

Trik Ampuh Mutasi Masuk Siswa Kelas 11 di EMIS
  • Nah di sini kita bisa melihat bahwa data peserta didik untuk kelas 11 bisa dimasukkan
Catatan: Intinya trik ini memanfaatkan celah pada menu mutasi umum yang hanya bisa digunakan untuk kelas 12 saja. Saya tidak mengajurkan rekan-rekan memakai trik ini. Tapi saya sendiri menggunakannya. Pertimbangan saya, siswa tersebut adalah kelas 11, karena sebentar lagi akan menjadi kelas 12 maka datanya harus segera masuk di EMIS.

Demikianlah informasi mengenai Trik Ampuh Mutasi Masuk Siswa Kelas 11 di EMIS yang bisa kami berikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel