Cara Mengatasi Kode Studi Salah saat Upload File EZ di Bio UN

Cara Mengatasi Kode Studi Salah saat Upload File EZ di Bio UN - Alhamdulillah akhirnya aktivitas ‘Nguprek’ aplikasi EMIS seharian membuahkan hasil. Persoalan munculnya notifikasi Kode Studi Salah saat Upload File EZ di Bio UN bisa teratasi juga.

Cara Mengatasi Kode Studi Salah saat Upload File EZ di Bio UN


Masalah ini muncul ketika saya mencoba mengupload file EZ data peserta UN ke dalam aplikasi Bio UN. Perlu diketahui saya di sini adalah seorang operator Madrasah Aliyah.

Ketika upload file ez saya kira akan berjalan lancar, namun ketika mencobanya masalah baru muncul. Yaitu data yang saya upload menjadi merah dan ada keterangan Kode Studi Salah seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas.

Menemui masalah tersebut akhirnya saya bertanya di beberapa grup operator EMIS. Ternyata, apa yang saya alami ini banyak juga yang mengalami. Dalam batin, saya berpikir ini masalah sistem ya.

Saya sendiri sempat menyerah mengatasi persoalan tersebut, sembari berharap menunggu informasi dari admin pusat. Tapi karena saya melihat beberapa teman berhasil upload data file EZ, rasa penasaran saya akhirnya muncul.


Seharian saya terus mengedit beberapa data di EMIS, khususnya CAPESUN namun berulang kali gagal. Apalagi kalau tiba-tiba logut dan sulit sekali login, rasanya tambah jengkel sekali.

Hampir putus asa memang, namun pada percobaan terakhir alhamdulillah bisa. Maka dari itu saya akan membagikan pengalaman saya mengatasi Kode Studi Salah saat Upload File EZ di Bio UN kepada anda semuanya.

Cara Mengatasi Kode Studi Salah saat Upload File EZ di Bio UN

Simak dengan baik langkah-langkah berikut ini;
  • Silahkan anda batalkan seluruh capesun di Aplikasi EMIS anda sehingga mereka kembali lagi ke daftar siswa kelas akhir
  • Klik Menu Kelembagaan di EMIS
  • Pilih Menu Siswa
  • Pilih Menu Data Rombongan Belajar, isi semua form yang ada meliputi Tingkat Kelas, Jurusan, Nama Rombel/Ruangan, Kurikulum, Nama Wakil Kelas, Nama Ruang, dan Jumlah Siswa. lihat gambar di bawah;

  • Ulangi langkah di atas sampai semua Data Rombongan Belajar anda selesai diinput semua
  • Silahkan kembali ke Menu Capesun
  • Kembalikan lagi data siswa akhir ke dalam Menu Capesun. INGAT, saat memindahkan siswa ke Capesun lakukan per rombel, jangan langsung semua sebab akan mempengaruhi absen siswa
  • Setelah semua masuk, download file EZ Bio UN
  • Silahkan login website Bio UN
  • Pilih Menu Data Siswa – Database – Upload DZ & EMIS
  • Upload file ez yang anda download tadi, lalu kik tombol STAR UPLOAD
  • Tunggu beberapa saaat, maka akan berhasil
  • Untuk melihat hasilnya silahkan anda masuk pada Menu Edit Per Field – pilih jurusan yang akan diisi – pilih urutan pararel – centang pada kode mata ujji tes – klik edit dan simpan
Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini;


Cara Mengatasi Kode Studi Salah saat Upload File EZ di Bio UN

Kesimpulan saya berkaitan dengan eror Kode Studi Salah saat Upload File EZ di Bio UN adalah belum diinputnya data Rombongan Belajar. Selain itu anda juga harus melengkapi data peserta didik tersebut.

Memang itu adalah kesimpulan sepihak dari saya, tapi nyatanya dengan mengedit data tersebut, file ez saya bisa diupload ke Bio UN. Rekan-rekan bisa mencoba apa yang saya lakukan tersebut.

Sekian yang bisa saya sampaikan berkaitan dengan Cara Mengatasi Kode Studi Salah saat Upload File EZ di Bio UN. Selamat mencoba....

4 Komentar untuk "Cara Mengatasi Kode Studi Salah saat Upload File EZ di Bio UN"

  1. pak mau tanya, untuk data rombongan belajar, untuk jenjang MI isi jurusan nya 'belum ada' ya.

    untuk rombongan belajar ini di isinya kelas akhir aja (kelas 6) atau semua kelas di isi

    BalasHapus
    Balasan
    1. diisi semua pak, untuk jurusan dikasih tanda 0 atau - soalnya itu hanya untuk jenjang MA

      Hapus
  2. kalo tampilan tanggal lahir tidak sesuai format gimana bos, semua anak tidak tanggal lahirnya kalo di capessun sudah bener, mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah bagaimana ya? apa kebalik dengan bulan lahir?

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel