Cara Input Data Siswa Baru dan Pindahan di EMIS Online

Cara Input Data Siswa Baru dan Pindahan di EMIS Online - Menginput data peserta didik dan pindahan ke dalam aplikasi EMIS merupakan suatu keharusan yang perlu dilakukan. Dengan begitu, maka data peserta didik baru di madrasah anda akan tercatat ke dalam server pusat.

Cara Input Data Siswa Baru dan Pindahan di EMIS Online


Saat ini, untuk input data peserta didik baru dan pindahan dilakukan dengan cara online. Sebab mengikuti perkembangan aplikasi EMIS yang sekarang sudah menjadi aplikasi berbasis website.

Pada awal rilisnya aplikasi EMIS online, menu untuk menginput data peserta didik memang tidak seketika ada. Menu ini baru keluar pada awal bulan Desember 2017 ini.

Fitur yang digunakan bernama Mutasi Masuk (Madrasah) dan Mutasi Masuk (Umum). Awalnya saya sendiri cukup bingung sebenarnya kenapa ada dua menu mutasi masuk dalam aplikasi EMIS online ini.


Maka dari itu saya mencari informasi dari berbagai grup diskusi operator madrasah. Dari situ saya mengetahui bahwa fitur Mutasi Masuk (Madrasah) dan Mutasi Masuk (Umum) pada intinya sama yaitu sama-sama untuk mengiput data peserta didik baru dan pindahan.

Hanya saja, menu tersebut digunakan untuk membedakan dari mana siswa tersebut berasal, apakah dari Madrasah atau dari Sekolah yang berada di bawah naungan dari Kemendikbud.

Untuk siswa yang berasal dari madrasah, maka menu yang digunakan adalah Mutasi Masuk (Madrasah). Sedangkan bagi siswa yang berasal dari sekolah di bawah naungan dari Kemendikbud maka fitur yang dipakai adalah Mutasi Masuk (Umum).

Saya harap dari penjelasan tersebut, kawan-kawan operator tidak bingung lagi mengenai Cara Input Data Siswa Baru dan Pindahan di EMIS Online.

Cara Input Data Siswa Baru dan Pindahan di EMIS Online

Jika anda ingin menginput data peserta didik baru dan pindahan silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Input Data Siswa Baru dan Pindahan dari Madrasah

  • Masuk ke menu Kesiswaan
  • Pilih menu Mutasi Masuk (Madrasah) di bagian atas yang berwarna orange
  • Isilah data peserta didik ke dalam form yang tersedia dengan benar
  • Kemudian SIMPAN

Input Data Siswa Baru dan Pindahan dari Sekolah di bawah naungan Kemendikbud

  • Masuk ke menu Kesiswaan
  • Pilih menu Mutasi Masuk (Umum) di bagian atas yang berwarna hijau
  • Isilah data peserta didik ke dalam form yang tersedia dengan benar
  • Kemudian SIMPAN
Demikianlah informasi mengenai Cara Input Data Siswa Baru dan Pindahan di EMIS Online yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

1 Komentar untuk "Cara Input Data Siswa Baru dan Pindahan di EMIS Online"

  1. kalau untuk siswa baru mi kelas 1 gmna ya pa, pilihnya yg mana mutasi umum atau mutasi madrasah

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel