Cara Melihat Daftar NISN di Aplikasi VerVal PD Kemenag

Cara Melihat Daftar NISN di Aplikasi VerVal PD Kemenag - Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) menjadi salah satu kelengkapan data administrtatif yang harus dimiliki oleh para peserta didik di sekolah maupun madrasah.

Nomor yang ada di dalam NISN, dibuat secara khusus dan unik. Sehingga tidak akan sama antara peserta didik satu dengan peserta didik yang lainnya.

Selain itu, Nomor di dalam NISN tidak bisa sembarangan diubah. Apabila memang sudah benar tidak bisa diganti dengan seenak hati.

Cara Melihat Daftar NISN di Aplikasi VerVal PD Kemenag


NISN ini berlaku seumur hidup, dan menjadi identitas resmi peserta didik yang terus berguna untuk proses pendidikan peserta didik mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai dengan nanti masuk ke Perguruan Tinggi.

Lalu bagaimana cara mendapatkan NISN?

Hal tersebut, sudah pernah saya ulas pada artikel sebelumny a yang berjudul cara mengajukan NISN dengan Aplikasi VerVal PD Kemenag.

Aplikasi VerVal PD Kemenag ini adalah sebuah aplikasi khusus yang digunakan untuk melakukan Verifikasi dan Validasi data peserta didik di suatu madrasah.

Apakah data seorang peserta didik sudah benar-benar valid atau belum. Jika sudah bisa dikunci, namun apabila ada data yang belum valid anda bisa melakukan proses edit data peserta didik.

Mengenai hal ini, saya juga sudah mengulasnya secara lengkap dan jelas pada artikel yang berjudul “Cara Mengedit data NISN Siswa melalui Aplikasi VerVal PD Kemenag”. Silahkan dibaca saja jika anda belum mengetahui mekanismenya.

Sesudah beberapa minggu ini saya tidak sempat membuka website VerVal PD Kemenag, tadi malam saya coba buka aplikasi tersebut.

Saya coba membuka tab Menu referensi, saya isikan nama Madrasah dan kecamatan Madrasah di mana saya berada. Setelah itu ternyata langsung terbuka sebuah laman referensi baru yang berisi data siswa. Berdasarkan pengamatan saya, ada data siswa yang tidak sama dengan apa yang saya Verval beberapa minggu lalu itu (data tidak valid)

Selain itu, di Menu Referensi tersebut, juga memunculkan daftar nama para peserta didik yang datanya sudah valid dan mempunyai NISN, lantaran data mereka sudah di Verval. Data mereka yang sudah valid akan muncul di bagian paling bawah. (lihatlah gambar di atas)

Dengan adanya pilihan laman ini, menurut saya semakin mempermudah sekolah dalam melihat data peserta didik yang sudah valid dan belum valid.

Operator madrasah, tidak perlu susah payah menampilkan satu per satu data siswa untuk melakukan pengecekan. Laman Menu Referensi ini bisa menampilkan data sebanyak 250 siswa dalam satu laman. Sehingga madrasah yang siswanya di bawah 251 bisa dilihat hanya dalam satu laman. Mudah kan?

Saya sendiri tidak mengetahui kapan kapan Menu Referensi baru ini muncul. Yang jelas menurut saya ini adalah sebuah pembaruan sistem yang bertujuan mempermudah Verval PD.

Lalu bagaimanakah Cara Melihat Daftar NISN di Aplikasi VerVal PD Kemenag?

Sebenarnya, pada pembahasan di atas saya sudah sedikit membahasnya. Namun supaya lebih jelas saya akan menuliskan langkah-langkahnya:

  • Bukalah website Aplikasi Verval PD Kemenag
  • Silahkan Login sebagai Operator Madrasah
  • Pada dashbor aplikasi VerVal PD Kemenag, Klik Menu Referensi
  • Isi nama Madrasah anda
  • Isi Nama Kecamatan di mana Madrasah anda berada
  • Selesai, maka secara otomais data peserta didik yang berada di madrasah anda akan muncul semuanya. 
  • Oh ya, jangan lupa komputer harus terkoneksi dengan internet ya

Demikianlah informasi mengenai Cara Melihat Daftar NISN di Aplikasi VerVal PD Kemenag yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melihat Daftar NISN di Aplikasi VerVal PD Kemenag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel