Troubleshooting UAMBN-BK

Troubleshooting UAMBN-BK - Sahabat proktor Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBNBK) di seluruh Indonesia. Setelah hari Rabu, 28 Februari 2018 pertama kalinya kita melaksanakan Simulasi UAMBNBK, ternyata masih banyak kendala yang dialami. Sehingga mengganggu pelaksanaan ujian.

Kendala yang dialami cukup beragam, mulai dari website pendataan yang belum maksimal, server bermasalah, hingga client untuk para peserta didik.

Mudah-mudahan ke depannya segera ada perbaikan dan pelatihan mengenai aplikasi ini. Supaya para proktor bisa mengoperasikannya dengan sebaik mungkin.


Sambil menunggu penjelasan resmi dari tim pusat, kali ini saya akan membagikan Troubleshooting UAMBN-BK  yang dibuat oleh Bapak Sofy4n.ahmad ( MAN 2 HST).

Troubleshooting yang dibuat ini menurut saya sangat membantu sekali, karena menjelaskan secara teknis cara mengatasi berbagai hal yang terkait dengan UAMBNBK.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak penjelasan berikut ini:

1. Google chrome nya tidak ditemukan

Troubleshooting UAMBN-BK

Penyelesaian: install ulang google ChromeStandaloneSetup32bit.\

2. Tidak ditemukan file MSVCR110.dll

Troubleshooting UAMBN-BK

Penyelesaian: install Microsoft Visual C++ 2012 Redistributable x86 ( 32 bit )

3. Php.exe error. ( file MSVCR110.dll tidak sesuai )

Troubleshooting UAMBN-BK

Penyelesaian: Hapus file MSVCR110.dll di folder c:/windows/SysWow64 (untuk 64 bit) , c:/windows/System32 (untuk 32 bit), kemudian install Microsoft Visual C++ 2012 Redistributable x86 ( 32 bit )

4. Halaman login tidak muncul


Penyelesaian: Pastikan Apache dan Mysqld di aplikasi Uwamp berjalan.

5. Halaman client tidak bisa terkoneksi dengan server


Penyelesaian: Pastikan ketika menjalankan Aplikasi UAMBN-BK di server tidak ada Peringatan Error seperti penjelasan di atas.

6. Ip server di client tidak ditemukan


Penyelesaian:
  • Pastikan mengatur ip dan port di aplikasi client yang di tujukan ke ip server misal: 192.168.0.199:2711 ( jika ip server 192.168.0.199)
  • Matikan firewall windows baik di server maupun di client
  • Cek ip client apakah sudah satu segmen dengan ip server
  • Cek kabel kemungkinan kalau putus.

7. Mysql tidak bisa accses registry

Troubleshooting UAMBN-BK

Penyelesaian : buka cmd open with administrator “cd C:\UAMBN-BK\bin\database\mysql-5.7.11\bin\” ketik “mysqld” kemudian jalankan Uwamp dan run Apache. Kemudian coba tutup aplikasi dengan stop apache dan mysqld serta tutup aplikasi Uwamp. Buka lagi Aplikasi UAMBNBK

Tambahan: Apabila anda menemukan masalah atau solusi terkait dengan pelaksanaan UAMBNBK silahkan tulis pada kolom komentar di bawah. Nanti akan kami update ke dalam artikel supaya bisa memberikan pengetahuan baru bagi proktor UAMBNBK lainnya.

7. Bagaimana Cara Mengatasi Soal UAMBNBK yang Tidak Keluar?



Penyelesaian : pada pelaksanaan simulasi UAMBNBK 2019 ada masalah baru yaitu soal tidak keluar padahal proses sinkronisasi sudah benar dan selesai. Mengenai hal ini saya telah membahasnya pada artikel Cara Mengatasi Soal UAMBNBK Tidak Keluar


Demikianlah informasi mengenai Troubleshooting UAMBN-BK yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel