Urutan Surat yang Dibaca Shalat Tarawih 20 Rakaat

Dalam pelaksanaan Shalat Tarawih kita juga disunnah untuk membaca surat-surat setelah selesai Al-Fatihah. Namun pada dasarnya tak ada riwayat yang menetapkan urutan surat yang dibaca dalam Shalat Tarawih.

Meskipun ada orang-orang yang melaksankan tarawih dengan susunan surat tertentu. Biasanya ini dilakukan oleh warga Nahdliyyin atau NU. Dari urutan surat tersebut kita bisa mengetahui jika tarawih akan selesai. Apabila Imam telah membaca Surat Al-Lahab itu artinya kita sudah berada pada rakaat terakhir.


Urutan Surat yang Dibaca Shalat Tarawih 20 Rakaat
Ilustrasi Shalat Tarawih. Dok. Internet


Kendati demikian urutan surat tersebut bukanlah sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Kita boleh menggunakan surat-surat lain yang disukai sebab membaca surat ini hukumnya adalah Sunnah. Hanya saja perlu anda ketahui, hendaknya membaca surat yang tidak membuat jamaah bubar.

Misalnya membaca surat yang lamanya sampai 30 menit, secara hukum ini boleh-boleh saja. Namun efeknya bisa membuat jamaah menjadi kelelahan. Sehingga dikhawatirkan keesokan harinya ia tidak mau jamaah tarawih lagi.

Maka dari itu, dalam NU ada urutan surat pendek yang dibaca saat tarawih menurut saya adalah Ijtihad yang luar biasa. Di samping mudah diingat, surat-surat tersebut juga tidak terlalu panjang.

Urutan Bacaan Surat dalam Shalat Tarawih 20 Raka'at Lengkap

Berikut ini urutan surat-suratnya:
  1. Surat At-Takatsur
  2. Surat Al-Ashr
  3. Surat Al-Humazah
  4. Surat Al-Fiil
  5. Surat Al-Quraisy
  6. Surat Al-Ma’uun
  7. Surat Al-Kautsar
  8. Surat Al-Kafiruun
  9. Surat An-Nashr
  10. Surat Al-Lahab
Untuk setiap rakaat kedua, dalam biasanya yang dibaca adalah Surat Al-Ikhlas.

Itulah Urutan Surat yang Dibaca Shalat Tarawih 20 Rakaat yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya. Ingat ya, ini bukanlah keharusan. Anda boleh juga membaca surat-surat lain.

Belum ada Komentar untuk "Urutan Surat yang Dibaca Shalat Tarawih 20 Rakaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel