Modul PPG Kemenag SKI

Bapak ibu guru semua, pada artikel kali ini saya akan membagikan file Modul PPG Kemenag SKI Tahun 2018 sebagai bahan pembelajaran menjelang Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Tahun 2019.

Salah satu tujuan diadakannya Pendidikan Profesi Profesi Guru (PPG) untuk guru-guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) adalah agar para guru SKI memiliki 4 kompetensi (profesional, pedagogis, sosial, dan kepribadian) sehingga mereka mampu menjalankan tugas-tugas pokoknya sebagai guru SKI secara profesional.

Salah satu bentuk kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru SKI adalah penguasaan terhadap materi pembelajaran yang tercantum dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) SKI di MTs sesuai dengan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 165 Tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Modul PPG Kemenag SKI 2018


Akan tetapi Penguasaan Materi harus disertai dengan penguasaan atas Standar Isi dan Pengembangnya.

Oleh sebab itu dalam Modul ini lebih mengarah kepada Proses Pemahaman Dasar Pengembangan. Sementara Pemahaman Materi ada pada Modul 3-6.

Rasional dan Deskripsi Singkat

Modul 2 ini terdiri atas 4 Kegiatan Belajar. Keempat Kegiatan Belajar itu terdiri atas Pertama, Pengenalan Posisi Mata Pelajaran SKI dalam Kurikulum Madrasah, Kedua, Unsur unsur Kebudayaan dalam Materi Sejarah Kebudayaan Islam.

Ketiga, Nilai-nilai Pembelajarn Materi Sejarah Kebudayaan Islam dan keempat, Pengembangan Materi Sejarah Kebudayaan Islam pada Kurikulum 2013.

Keempat materi dalam empat kegiatan belajar itu memiliki urgensi bagi pemahaman guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di madrasah agar guru memiliki pemahaman tentang kesejarahan Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Unsur Kebudayaan, Nilai dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Pengembangan Materinya dalam Kurikulum terbaru.

Download Modul PPG Kemenag SKI 2018

Silahkan unduh filenya pada link yang ada di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Modul PPG Kemenag SKI 2018 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya. Baca juga: Modul PPG Kemenag Al-Qur'an Hadits 2018

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel