Modul PPG Kemenag Bahasa Arab

Pada artikel kali ini saya akan membagika file yang berisikan Modul PPG Kemenag Mapel Bahasa Arab MI, MTs dan MA kepada anda semuanya.

Dalam Modul  ini, Anda kami ajak untuk mempelajari ilmu sharf atau morfologi bahasa Arab. Ilmu Sharf merupakan salah satu cabang linguistik Arab yang harus dikuasai oleh guru bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) atau jenjang pendidikan yang setara.

Dengan mempelajari modul ini, Anda akan mendapatkan kompetensi pengetahuan bahasa Arab yang berkaitan dengan berbagai pola kata, bentuknya, perubahannya, dan aneka maknanya.

Modul PPG Kemenag Mapel Bahasa Arab MI, MTs dan MA


Secara rinci setelah mempelajari materi dalam modul ini, diharapkan Anda dapat:

1. Mengidentifikasi takrif ilmu sharf (morfologi Arab) dan urgensinya dalam bahasa Arab.

2. Mengidentifikasi klasifikasi kata dalam bahasa Arab dengan tepat berdasarkan ciri-cirinya.

3. Mengidentifikasi kata dasar, wazan (pola), dan shighah (bentuk) kata isim, fi’il, dan harf tashrif ishtilahi (derivasi) dan tashrif lughawi (infleksi) dengan tepat berdasarkan ciri-cirinya.

4. Mengidentifikasi pola dan bentuk fi’il tsulatsi mujarrad dan fi’il tsulatsi mazid dengan tepat berdasarkan ciri-cirinya.

Relevansi

Bahasa Arab di Indonesia merupakan bahasa asing dan bahasa sumber agama Islam (Al-Quran dan Hadis) yang harus diajarkan sesuai dengan kaidahkaidah bahasa yang baku atau tersandar, khususnya berkaitan dengan aturan linguistik Arab (ilmu al-lughah).

Kaidah-kaidah yang harus dikuasai oleh guru bahasa Arab berkaitan dengan ilmu sharf (morfologi), ilmu nahwu (sintaksis), dan ilmu balaghah (semantik-stilistika).

Ilmu sharf ialah ilmu yang membahas tentang pola-pola kata (awzân alkalimah) dalam bahasa Arab dan perubahan bentuknya (qawa’id tashrîf al-shîghah), khususnya sebelum kata tersebut digunakan di dalam struktur/kalimat.

Perubahan bentuk kata ini berimplikasi pada perubahan arti atau makna. Ilmu sharf (morfologi) termasuk bidang ilmu linguistik yang harus dikuasai lebih awal oleh para guru bahasa Arab karena struktur dasar (elemen inti) dari bahasa berpangkal pada kata, lalu frasa, kalimat, dan wacana. Artinya, guru bahasa Arab yang tidak menguasai ilmu sharf atau morfologi bahasa Arab dinilai tidak layak atau tidak memenuhi kualifikasi untuk mengajarkan bahasa Arab.

Download Modul PPG Kemenag Bahasa Arab

Silahkan unduh filenya pada link yang ada di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Modul PPG Kemenag Bahasa Arab yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya. Baca juga: Modul PPG Kemenag Fiqih MI, MTs dan MA

Belum ada Komentar untuk "Modul PPG Kemenag Bahasa Arab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel