Cara Mengubah Kurikulum 2013 Menjadi KTSP di BIOUN

Ketika mengupload file EZ dari EMIS Manajemen UN ke BIOUN banyak yang mengalami beberapa kendala. Salah satunya data kurikulum terbaca Kurikulum 2013.

Padahal saat mengisi data di dalam form excel EMIS sudah benar sesuai dengan petunjuk yang ada. Tentunya hal ini membuat pusing operator, sebab jika terus begitu nanti madrasah akan dianggap sudah menerapak Kurikulum 2013. Padahal praktiknya masih menggunakan KTSP.

Hal ini juga sudah saya alami sendiri. Perlu anda ketahui dalam Juknis pertama Aplikasi EMIS UN, pengisian kurikulum untuk KTSP adalah 1, sedangkan Kurikulum adalah 2.

Setelah saya mengikuti petunjuk tersebut, ternyata hasil di BIOUN kurikulum terbaca 2013 padahal madrasah saya masih menggunakan KTSP untuk kelas 12.

Kemudian Tim Pusat merilis Juknis Revisi, yang isinya pengisian Kurikulum diubah. Untuk KTSP menjadi 2, sedangkan K13 menjadi 1.

Dengan keluarnya juknis ini, saya mengira ada kekeliruan pengisian kode pada juknis pertama. Namun setelah saya merevisi form excel EMIS dan mengubahnya menjadi file EZ dan kemudian diupload ke BIOUN, hasilnya tetap sama saja. Kurikulum masih dibaca K13.

Sampai di sini saya pasrah saja, saya menilai bahwa ini terjadi karena kesalahan sistem yang berada di luar dari kekuasaan operator.

Namun pada tanggal 10 Desember lalu, saya mendapat informasi agar Kurikulum dibaca KTSP di BIOUN maka harus mengubah kodenya di form Excel EMIS UN.

Cara Mengubah Kurikulum 2013 Menjadi KTSP di BIOUN

Sebenarnya agar bisa dibaca KTSP di BIOUN caranya cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Login ke dalam EMIS UN
  • Unduh template Siswa
  • Lengkapi semua data yang ada
  • Pada Kode Kurikulm isi dengan 7. Sedangkan Nama Kurikulum isi dengan KTSP 2006 seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini
Cara Mengubah Kurikulum 2013 Menjadi KTSP di BIOUN

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengubah Kurikulum 2013 Menjadi KTSP di BIOUN yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel