Juknis Pengisian Blanko SHUAMBN 2018

Direktur Jendral Pendidikan Islam telah mengeluarkan sebuah aturan tentang Petunjuk Teknis Penulisan Blanko Ijazah Madrasah dan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018.

Untuk itu, bapak/ibu guru harus memperhatikan dengan seksama isi dari Juknis ini supaya SHUAMBN siswa betul sesuai aturan yang berlaku.

Juknis Pengisian Blanko SHUAMBN 2018


Adapun isi Juknis tersebut adalah sebagai berikut:

BAB III

PETUNJUK PENGISIAN BLANKO SHUAMBN

A. Petunjuk Umum

1. SHUAMBN untuk MTs dan MA diterbitkan oleh satuan pendidikan penyelenggara UAMBN.

2. SHUAMBN dicetak satu muka. Data peserta dan daftar nilai ujian tercantum di halaman depan.

3. Upload nilai UAMBN KP ke aplikasi dilakukan oleh panitia UAMBN tingkat provinsi.

4. SHUAMBN dicetak oleh panitia UAMBN tingkat madrasah dari aplikasi yang tersedia sesuai format yang telah ditetapkan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dengan sistem pengamanan barcode di setiap SHUAMBN.

5. SHUAMBN dicetak menggunakan tinta warna hitam di atas kertas HVS berwarna putih ukuran A4 berat 80 s.d.100 gram.


6. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian SHUAMBN, tidak boleh dicoret, ditimpa, atau di tipe-ex dan harus diganti dengan cetakan SHUAMBN yang baru. Selanjutnya SHUAMBN yang rusak dimusnahkan disertai berita acara pemusnahan SHUAMBN.

B. Petunjuk Khusus Penulisan SHUAMBN

a. Bagian (1) diisi Nomor Surat Keluar Madrasah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

b. Bagian (2) diisi dengan nama madrasah bersangkutan yang menerbitkan SHUAMBN sesuai dengan nomenklatur

c. Bagian (3) diisi dengan nama siswa pemilik SHUAMBN menggunakan HURUF KAPITAL. Nama harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan jenjang di bawahnya.

d. Bagian (4) diisi dengan tempat dan tanggal lahir siswa pemilik SHUAMBN. Tempat dan tanggal lahir harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan jenjang di bawahnya.

e. Bagian (5) diisi dengan nama orang tua/wali siswa pemilik SHUAMBN. Nama orang tua/wali siswa harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan jenjang di bawahnya.

f. Bagian (6) diisi dengan nomor induk siswa di madrasah yang bersangkutan.

g. Bagian (7) diisi dengan nomor induk siswa nasional (NISN).

h. Bagian (8) diisi dengan nomor peserta ujian, sesuai dengan nomor peserta yang tertera pada kartu tanda peserta UAMBN.

i. Bagian (9) diisi dengan nama madrasah asal pemilik SHUAMBN menempuh pendidikan.

j. Bagian (10) diisi Nilai Murni hasil UAMBN. Nilai angka diisi dengan rentang 0 (nol) sampai dengan 100 (seratus) dengan bilangan bulat dan disertai huruf.

Contoh: 94 (sembilan empat)

k. Bagian (11) diisi dengan nama Kabupaten/Kota tempat penerbitan, dilanjutkan dengan tanggal (2 digit) dan bulan ditulis dengan menggunakan huruf (tidak boleh disingkat) sesuai dengan tanggal pengumuman kelulusan di satuan pendidikan.

l. Bagian (12) diisi dengan nama Kepala Madrasah yang menerbitkan SHUAMBN dan dibubuhkan tanda tangan. Bagi Kepala Madrasah pegawai negeri sipil diisi dengan Nomor Induk Pegawai (NIP), sedangkan Kepala Madrasah yang non pegawai negeri sipil diisi satu buah strip (-). Dalam hal Kepala Madrasah berhalangan tetap atau tidak definitif maka SHUAMBN dapat ditanda tangani oleh Pelaksana Tugas (Plt/Pgs) Kepala Madrasah dengan mandat khusus untuk menandatangani SHUAMBN dari Pejabat Tingkat Provinsi atau Yayasan yang berwenang untuk mengangkat kepala madrasah. (mengacu Surat BSNP Nomor: 0081/SDAR/BSNP/VIII/2017 tanggal 1 Agustus 2017).

m. Bagian (13) dibubuhkan stempel madrasah yang menerbitkan Ijazah sesuai dengan nomenklatur.

n. Bagian (14) ditempelkan Pasfoto peserta didik yang terbaru ukuran 3 cm x 4 cm hitam putih atau berwarna, posisi wajah menghadap lurus kedepan dan memakai seragam madrasah, dibubuhi cap tiga jari tengah tangan kiri pemilik Ijazah serta stempel menyentuh pasfoto.



Download Juknis Pengisian Blanko SHUAMBN 2018


Adapun file Juknis Pengisian Blanko SHUAMBN 2018 bisa anda unduh pada link di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Juknis Pengisian Blanko SHUAMBN 2018 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Juknis Pengisian Blanko SHUAMBN 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel