Cara Cek Validitas NISN untuk Update Data Siswa di EMIS

Cara Cek Validitas NISN  untuk Update Data Siswa di EMIS - Salah satu data siswa yang penting untuk di update dalam aplikasi EMIS adalah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Seperti yang diketahui, NISN ini menjadi identitas setiap siswa pada tingkat nasional.

Cara Cek Validitas NISN  untuk Update Data Siswa di EMIS


NISN siswa harus benar-benar valid, jangan sampai NISN tersebut tidak terdaftar dalam sistem. Karena bisa mengakibatkan siswa tidak bisa mengikuti Ujian Nasional (UN).

Bagi anda yang belum paham, NISN ini adalah nomor unik yang terdiri dari 10 digit berfungsi sebagai identitas peserta didik yang tidak mungkin sama dengan peserta didik lainnya.

Dalam Aplikasi EMIS Terbaru, operator Madrasah harus mengecek dan memastikan bahwa NISN siswa sudah valid. Sebab banyak kasus menunjukkan bahwa data NISN siswa ada yang tidak ditemukan bahkan adapula NISN siswa adalah milik siswa lainnya.


Jika anda menemukan kasus seperti di atas, maka harus segera memperbaiki data NISN yang salah. Terutama untuk siswa yang akan mengikuti UN. Sebab jika ada NISN yang bermasalah, maka akan membuat siswa tersebut gagal mengikuti UN.

Cara Cek Validitas NISN  untuk Update Data Siswa di EMIS

NISN sebenarnya bisa dicek validitasnya, apakah benar-benar sudah terdata atau belum. Adapun Cara Cek Validitas NISN  untuk Update Data Siswa di EMIS adalah sebagai berikut:
  • Silahkan koneksikan laptop/komputer anda dengan jaringan internet
  • Bukalah website untuk pengecekan NISN yang beralamat di https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ Maka anda akan masuk ke halaman beranda pengecekan NISN
  • Silahkan anda klik pada “Data Siswa” yang ada di sebelah kiri. Anda kemudian akan laman pencarian NISN (Lihat Gambar di Atas)
  • Untuk mengecek validitas NISN, silahkan anda masukkan ke dalam kolom yang tersediaKemudian klik tombol “Cari” yang ada di bawahnya. Tunggu beberapa saat sampai data yang dicari muncul
  • Jika NISN valid, maka data siswa akan muncul seperti gambar di bawah ini:
Cara Cek Validitas NISN  untuk Update Data Siswa di EMIS

Silahkan anda ulangi langkah-langkah di atas untuk mengecek data NISN siswa di Madrasah anda
Apabila ada NISN yang salah maka segeralah perbaiki. Untuk cara memperbaiki NISN yang salah akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Demikianlah informasi mengenai Cara Cek Validitas NISN  untuk Update Data Siswa di EMIS yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Validitas NISN untuk Update Data Siswa di EMIS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel