Cara Ampuh Mengatasi Error 504 Gateway Time-Out di EMIS

Bagaimanakah Cara Mengatasi Error 504 Gateway Time-Out di EMIS Oline?

Banyak sekali kawan-kawan operator yang mengalami hal seperti itu. Di maka ketika mereka akan melakukan login, prosesnya sangat lama. Ketika selesai loading, bukannya masuk ke dashbor EMIS melainkan justru muncul keterangan 504 Gateway Time-Out.

Cara Ampuh Mengatasi Error 504 Gateway Time-Out di EMIS Oline


Tak hanya ketika akan login saja sebenarnya, saat hendak menyimpan data tiba-tiba tampilan EMIS tiba-tiba berubah menjadi 504 Gateway Time-Out.

Tentu hal ini sangat mengganggu perkajaan para operator. Di satu sisi mereka harus sesegera mungkin mengupdate data. Namun di sisi lain, ketidaksiapan sistem menghambat semua pekerjaan tersebut.


Rasanya masalah 504 Gateway Time-Out seakan sudah menjadi hal yang biasa muncul ketika berlangsungnya proses pendataan sedang ramai-ramainta.

Hal ini disebabkan akses pengguna ke server pusat melampaui batas alias overload. Sehingga mengakibatkan website tidak bisa diakses dan kemudian muncul keterangan tersebut.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi permasalahan ini?

Sebenarnya untuk mengatasi persoalan ini, bukanlah hal yang sulit. Hanya saja kita perlu kesabaran ekstra untuk menerapkannya.

Agar akses kita ke website EMIS tidak terganggu oleh persolan 504 Gateway Time-Out, caranya adalah satu “MENGATUR WAKTU LOGIN DI JAM SEPI”.

Bagaimanakah maksudnya?

Jika kita amati bersama, munculnya 504 Gateway Time-Out itu hanya terjadi ketika jam-jam sibuk kerja, yaitu sekitar jam 08.00 – 12.00 WIB. Pada jam-jam tersebut, banyak operator yang mengakses EMIS sehingga menyebabkan server mengalami overload.

Namun setelah jam sibuk itu lewat, website EMIS  sangat lancar sekali. Saya sendiri biasa mengerjakan EMIS mulai jam 12.30 WIB, mulai pada waktu tersebut masalah 504 Gateway Time-Out tidak muncul lagi.

Apalagi kalau pas malam hari mulai pukul 21.00 WIB misalnya. Server EMIS sangat lancara sekali, sehingga kita bisa update data dengan tenang.

Saran saya, silahkan anda buat target update data setiap hari. Misalnya dalam satu hari harus mengupdate 20 data siswa, maka secara perlahan semua data yang harus diupdate akan segera selesai tanpa ada gangguan sistem 504 Gateway Time-Out.

Nah begitu saja informasi mengenai Cara Ampuh Mengatasi Error 504 Gateway Time-Out di EMIS Oline yang bisa kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

5 Komentar untuk "Cara Ampuh Mengatasi Error 504 Gateway Time-Out di EMIS"

  1. Tetap saja, ketika mengerjakan pukul 9 malam loadingnya masih lama gateway time out

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu cara-cara yang saya lakukan untuk menyiasati masalah gateway. problem ini memang akan terus ada selama server pusat masih belum diperbaiki

      Hapus
  2. bagaimana jika masih ada guuru yang belum mendaftar SDM emis di tahun 2017/2018 semester ganjil apakah masih bisa mendaftar di semester genap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya bisa, sebab tidak ada informasi mengenai batas pendaftaran emis sdm

      Hapus
  3. Mau bukak jam berapapun masih tetap lelet, kalupun bisa buka namun tidak bisa menyimpan. saya rasa akan tetap seperti karna kita punya jadwal yang terlalu singkat. apalagi di tahun ini semakin buruk dari pada tahun kemarin.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel