Apa Itu 504 Gateway Time-out pada EMIS?

Apa Itu 504 Gateway Time-out pada EMIS? - Ketika sedang mencoba membuka suatu halaman situs, ada kalanya kita mendapati pesan pada layar yang berisikan ”504 gateway Time-out”. Pesan dengan menggunakan latar belakang putih tersebut menandakan ada sesuatu yang salah pada situs yang anda kunjungi.

Hal ini kerap terjadi, termasuk pada aplikasi EMIS Online yang sekarang ini sedang dikerjakan oleh rekan-rekan operator madrasah.

Apa Itu 504 Gateway Time-out pada EMIS?


Namun anda tak perlu khawatir sebab kesalahan bukan dilakukan oleh anda. Tidak selalu juga dikareakan jaringan internet yang anda gunakan. Persoalan tersebut justru datang dari pengelola situs atau website yang anda kunjungi.

Pesan 504 gateway Time-out memang menjadi sesuatu yang menjengkelkan terutama apabila informasi di dalam websote yang akan dikunjungi itu sedang sangat dibutuhkan sekali.

Apalagi untuk anda yang sedang diburu waktu guna mencari informasi pada website tersebut. Solusi sederhana untuk mengatasi hal tersebut adalah langsung saja menutup laman situs kemudian beralih ke situs yang lainnya sembari berharap situs yang mengalami gangguan tersebut dapat kembali dibuka dalam beberapa waktu selanjutnya.

Lantaram penyebabnya pada  pengelola situs, maka tidak ada cara lain kecuali menghilangkan gangguan pada situs tersebut supaya peforma situs bisa kembali optimal.


Dalam website Lifewire menjelasnkan bahwa 504 Gateway Time-out adalah suatu kode status HTTP yang berarti bahwa salah satu server tidak bisa menerima respons sesuai dengan waktu yang dibutuhkan dari server lainnya yang mengakses menggunakan peramban.

Artinya, pesan 504 Gateway Time-out menandakan bahwa komputer dari pengelola situs yang dikunjungi tersebut tidak cukup cepat dalam memproses perminatan akses website.

Untuk memberitahu kesalahan tersebut, sejumlah website mempunyai cara masing-masing. Tetapi yang paling sering digunakan ialah menampilkan pesan yang berisikan seperti 504 Gateway Timeout, 504 ERROR, HTTP 504, HTTP Error 504 - Gateway Timeout, Gateway Timeout (504), Gateway Timeout Error. Semua itu memiliki makna yang sama.

Pesan gangguan 504 Gateway Timeout dapat tampil pada jenis peramban apa saja, di sistem operasi apa saja, dan jenis gawai apapun. Sehingga anda tidak perlu khawatir.

Cara Memulihkan 504 Gateway Time-out bagi Pengunjung Situs

Adapun Cara Memulihkan 504 Gateway Time-out bagi Pengunjung Situs adalah sebagai berikut;
  1. Refresh atau reload pada laman situs/website yang anda kunjungi. Atau dengan cara mengetikkan ulang URL pada address bar di web browser anda
  2. Lakukan restart pada perangkat komputer atau gawai yang anda pakai
  3. Periksalah pada pengaturan server proxy di dalam peramban atau aplikasi dan pastikan juga bahwa semuanya telah sesuai
  4. Silahkan Ubah DNS server
  5. Apabila masih tetap tidak bisa diakses, silahkan tunggu dan kembali pada situs tersebut beberapa saat kemudian. Mungkin saja, pengelola situs sedang memperbaiki kesalhan tersebut.

Cara Memulihkan 504 Gateway Time-out bagi Pengelola Situs

Kerapnya muncul kesalahan 504 Gateway Time-out bukan disebabkan lantaran adanya pengunggahan konten dan bukan juga disebabkan oleh perilaku pengakses. Hal tersebut tampil lebih sering disebabkan persoalan teknis.

Maka dari itu, para pengelola situs/website alangkah baiknya mengawali diagnosis dengan cara memeriksa terlebih dahulu apakah server telah sanggup menangani tingginya akses pengguna ke alamat domain tertentu yang terkoneksi dengan servernya.

Sebab tingkat akses dari pengunjung yang sangat tinggi biasanya menjadi penyebab utama munculnya pesan 504 Gateway Time-out.

Demikianlah informasi mengenai Apa Itu 504 Gateway Time-out pada EMIS? Yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu 504 Gateway Time-out pada EMIS?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel