Cara Mengatasi Data Type Mismatch in Criteria Expression di Aplikasi EMIS

Cara Mengatasi Data Type Mismatch in Criteria Expression di Aplikasi EMIS - Sahabat Harian Madrasah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas salah satu kendala saat mengupdate data EMIS.

Banyak dari para Operator Madrasah yang mengalami masalah, di mana muncul sebuah pesan/notifikasi Data Type Mismatch in Criteria Expression ketika akan melakukan backupd terhadap data EMIS melalui Aplikasi Dekstop EMIS.

Masalah ini sebetulnya telah ada sejak update data EMIS pada semester sebelumnya. Kendati sudah sering terjadi, masalah ini nyatanya masih membuat kawan-kawan Operator Madrasah menjadi sangat bingung.

Persoalan munculnya notifikasi Data Type Mismatch in Criteria Expression biasanya terjadi pada tahap terakhir saat melakukan backup data melalui Aplikasi Dekstop EMIS. Tepatnya saat menekan Tombol Backup, pesan tersebut tiba-tiba keluar dan pada akhirnya membuat proses backup menjadi gagal.

Adapun pemberitahuan tersebut, bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini:

Cara Mengatasi Data Type Mismatch in Criteria Expression di Aplikasi EMIS


Maka dari itu, kali ini Admin akan membahas mengenai Cara Mengatasi Data Type Mismatch in Criteria Expression di Aplikasi EMIS.

Mengapa Muncul Data Type Mismatch in Criteria Expression?

Perlu anda ketahui bahwa Aplikasi Desktop Emis ini dibuar dengan memakai bahasa pemograman visual basic. Basic data aplikasi Dekstop Emis memakai Microsoft Office Access.

Kejadian Error pada Aplikasi seperti ini biasanya terjadi lantaran ketika menginput data ada beberapa data yang tak sesuai dengan data yang terdapat di dalam database. Sehingga memunculkan pesan error tersebut.

Lalu bagaimana Cara Mengatasi Data Type Mismatch in Criteria Expression di Aplikasi EMIS?

Pertanyaan tersebut banyak sekali muncul dari kawan-kawan operator. Terutama bagi mereka yang masih awal dalam dunia Operator Madrasah terutama Aplikasi Dekstop EMIS.

Cara Mengatasi Data Type Mismatch in Criteria Expression di Aplikasi EMIS

Untuk error dengan muncul pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression ini sebenarnya tidak sulit dan terhitung mudah. Kendati dalam beberapa kasus tertensu memerlukan kejelian ekstra dari Operator untuk mengatasinya sendiri.

Lantaran pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression muncul karena akibat dari kesalahan operator madrasah ketika menginput data, sehingga dinyatakan tidak sesuai dengan data yang terdapat di dalam database aplikasi EMIS, maka dari itu dibutuhkan pengeekan ulang semua data yang telah anda masukkan ke dalam Aplikasi EMIS.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan anda buka Menu "Sarpras" dan juga Menu "Keuangan" di dalam Aplikasi Desktop EMIS anda masing-masing
  • Klik pada berbagai macam submenu yang terdapat dalam Menu Sarpras dan Keuangan. Misalnya,  Jumlah dan Kondisi Bangunan, Keberadaan Tanah Madrasah, Sarpras Pendukung Madrasah, Pendukung Lainnya, hingga Rincian Ruang Kelas yang terdapat di Madrasah
  • Selanjutnya, pastikanlah seluruh data isian  sudah terisi dengan baik, benar dan telah sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Misalnya, data isian mengenai Jumlah yang harus diisi dengan angka jumlah, data isian mengenai tahun harus diisi dengan tahun, dan lain sebagainya
  • Pastikanlah bahwa data isian mengenai jumlah sarpras yang tidak dipunyai oleh Madrasah sudah anda isi dengan menggunakan angka nol (0)
  • Apabila dirasa perlu, silahkan anda cek juga berbagai tab/sub menu yang lainnya
  • Terakhir, klik tombol "Simpan" guna menyimpan setiap perubahan data yang anda lakukan
  • Apabila semua sudah anda lakuka, silakan kembali lagi menuju ke menu "Backup" guna melakukan proses backup ulang data EMIS. Kemudian, perhatian proses backup data EMIS akan bisa berjalan secara  lancar tanpa ada gangguan munculnya sebuah pesan yang berisi Data Type Mismatch in Criteria Expression.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Data Type Mismatch in Criteria Expression di Aplikasi EMIS yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Data Type Mismatch in Criteria Expression di Aplikasi EMIS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel