Cara Mendaftar Sertifikasi Guru Kemenag 2017 dengan Simpatika

Ada kabar bahagia terkait dengan Sertifikasi Guru Kemenag (Madrasah) Tahun 2017. Sebuah kabar yang pastinya sangat ditunggu-tunggu oleh semua guru.

Kabar bahagia tersebut ialah Pendaftaran Sertifikasi Guru Kemenag Tahun 2017 resmi dibuka. Bagi anda semua yang telah memenuhi syarat pendaftaran maka segera saja mendaftarkan diri.

Terkait dengan hal tersebut, Harian Madrasah akan memberikan informasi mengenai Cara Mendaftar Sertifikasi Guru Kemenag 2017 dengan Simpatika.

Cara Mendaftar Sertifikasi Guru Kemenag 2017 dengan Simpatika


Anda semua harus mengetahui dengan benar bagaimana cara pendaftarannya, sehingga data diri anda benar-benar bisa masuk sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tak hanya itu, kami juga akan memberikan tutorial mengenai Cara Mengedit Pendaftaran Calon Peserta Sertifikasi Guru Kemenag. Sehingga, jika anda para Guru RA/Madrasah yang telah terlanjur mendaftarkan diri tetapi hendak mengubah data, baik dalam hal jenjang ataupun Mapel Sertifikasi maka anda harus melakukan perubahan data pendaftaran seperti yang akan nanti kami terangkan.

Untuk anda para guru RA/Madrasah yang sudah memenuhi berbagai persyaratan sebagai Calon Peserta Sertifikasi Guru Kemenag 2017, maka akan langsung muncul sebuah pesan yang berisi meminta anda untuk segera melakukan pendaftaran diri .

Namun apabila pesan pemberitahuan tersebut tidak muncul, mungkin saja ada beberapa persyaratan- yang belum terpenuhi sampai dengan saat ini.

Syarat Calon Peserta Sertifikasi Guru Kemenag 2017


Apa sajakah pesrsyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi peserta sertifikasi Guru Kemenag 2017?

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta sertifikasi Guru Kemenag 2017 adalah sebagai berikut:
  1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)/seorang Guru Tetap Yayasan (GTY) untuk guru Non PNS yang berada di madrasah negeri ataupun swasta di bawah naungan dari Kementerian Agama
  2. Belum pernah mempunyai sertifikat sebagai pendidik
  3. Diangkat dalam jabatan fungsional seorang guru sebelum pada tanggal 30 Desember tahun 2005, kecuali bagi para guru yang sedang mengajar di Madrasah Aliyah  (MA) Insan Cendekia di seluruh Indonesia
  4. Mempunyai kualifikasi pendidikan minimal adalah S-1/D-IV dari berbagai perguruan tinggi yang telah terakreditasi dan mempunyai program studi yang sudah mempunyai izin penyelenggaraan
  5. Apabila data PTK tersebut belum tertulis sesuai dengan persyaratan yang ada, maka silahkan melakukan perbaikan data diri (edit data) dan melakukan pengajuan S12 kepada Admin Simpatika tingkat Kabupaten/Kota guna memperoleh persetujuan (S13).

Cara Mendaftar Sertifikasi Guru Kemenag 2017 dengan Simpatika


Adapun Cara Mendaftar Sertifikasi Guru Kemenag 2017 dengan Simpatika adalah sebagai berikut:
  • Silahkan Login ke dalam akun Simpatika. Gunakan Akun PTK anda masing-masing ya
  • Ketika anda masuk ke dalam dasbor PTK maka akan tampil sebuah pesan pemberitahuan mengenai Pendaftaran Calon Peserta Sertifikasi, yang isinya  Yth. (Nama PTK tersebut), Sehubungan dengan adanya program Sertifikasi Guru untuk Periode 2017 lewat PLPG. Maka Saudara terundang guna menjadi kandidat calon peserta yang sesuai dengan persyaratam dan ketentuan yang telah berlaku. Apabila anda berminat untuk mengikuti program Sertifikasi Guru 2017, maka silahkan melengkapi berbagai isian bidang studi sertifikasi (jenjang dan mata pelajaran sertifikasi) yang sesuai dengan kompetensi anda tersebut. (Lihat Gambar Nomor 1)
  • Lalu Klik di menu "Jenjang Materi" guna memilih jenjang pendidikan yang sesuai dengan satminkal anda masing-masing. Misalnya SD/MI
  • Klik juga pada menu "Mata Pelajaran" guna memilih Mapel yang anda inginkan yang sesuai dengan kompetensi anda. Misalnya, Fiqh (Lihat Gambar Nomor 2)
  • Apabila sudah terisi dengan benar silahkan klik Tombol "Lanjut" yang berada di bawah 
  • Kemudian muncul sebuah pesan pemberitahuan mengenai rangkuman isian yang sudah anda pilih tadi. Isinya kurang lebih, “Berikut Mata Pelajaran yang Anda pilih untuk mengikuti program Sertifikasi Guru Periode 2017”. Jenjang Materi SD/MI, Mata Pelajaran Fiqh (Lihat Gambar Nomor 4)
  • Apabila semua telah benar, klik Tombol "Simpan" di bawahnya. Namun apabila ada data yang keliru, klik Tombol "Kembali" guna melakukan pengeditan data ulang
  • Selesai. Pendaftaran anda berhasil dan akan tercatat di dalam Simpatika sebagai kandidat calon peserta Sertifikasi Guru Kemenag Periode 2017 melalui PLPG.
Selanjutnya anda harus memantau terus-menerus akun Simpatika anda masing-masing guna mengetahui perkembangan dari pendaftaran anda tadi.

Cara  Mengedit Pendaftaran Sertifikasi Guru Kemenag 2017 yang Sudah Dilakukan


Usai menyelesaikan tahap pendaftaran, secara otomatis anda akan terdaftar sebagai kandidat calon peserta sertifikasi guru kemenag periode 2017 melalui PLPG.

Mengenai status pendaftaran dan juga langkah-langkah yang harus dilakukan selanjutnya akan tampil di akun Simpatika anda masing-masing.

Namun, bagaimana jika terdapat kekeliruan saat mendaftarkan diri?

Anda tidak perlu khawatir jika ada data yang salah ketika mendaftar, sebab Guru bisa melakukan pengeditan untuk memperbaiki data pendaftaran.

Adapun cara mengendit data pendaftaran calon peserta sertifikasi ialah sebagai berikut:

  • Pertama Login ke dalam akun Simpatika. Gunakan akun PTK masing-masing ya
  • Klik pada menu "Sertifikasi Guru" yang letaknya di sebelah kiri di bawah Menu VerVal NRG&Sertifikasi dan di atas Menu VerVal Inpassing
  • Maka akan muncul  data pendaftaran anda (Lihat Gambar Nomor 4)
  • Klik Tombol "Edit" yang berada di bawah Mata pelajaran
  • Secara otomastis akan ditampilkan kembali pilihan guna untuk mengedit jenjang dan juga Mapel sertifikasi guru. Pilihlah yang sesuai dengan data anda
  • Klik Tombol “Lanjut”
  • Selesai data berhasil diperbaiki.
Demikianlah informasi mengenai Cara Mendaftar Sertifikasi Guru Kemenag 2017 dengan Simpatika yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendaftar Sertifikasi Guru Kemenag 2017 dengan Simpatika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel